Cara merubah Hardisk Internal jadi External

Saya yakin sebagian kita yang masih bingung dengan topik ini. Ya masak sih Hardisk Internal jadi external ? apa gak takut kesetrum? he2x..sebetulnya hal ini bisa saja. Kawan2  merubah HD internal jadi external malah justru lebih untung secara “ekonomi” (catet) . Kenapa? karena kapasitas  Flash disk gak bisa ngalahin kapasitas HD yang kadang sampai sebesar 1 Tera,  apalagi kalo melihat harga HD  external  yang harganya selangit…intinya masih lebih hemat kalo beli HD internal.

Nah langkah pertama silakan siapkan HD internal kamu. Silakan mau beli lagi atau yang sudah ada saja.

kedua  ente mampirlah ke mangga due atau toko komputer terdekat lalu beli kabel USB 2.0 TO SATA IDE CABLE ingat kabel USB 2.0 TO SATA IDE CABLE ingat jangan yang lain. harga sekitar Rp 60 rban

Kemudian beli juga kabel power adaptor. beli aja yang murah-murah

berikutnya hubungkan ke HD seperti gambar dibawah ini

Kalau masih ada biaya silakan beli casingnya kalau tidak salah namanya enclosure

Nah sekarang silakan nikmati HD versi baru …

Selamat mencoba

Posted on 29/09/2010, in Computer. Bookmark the permalink. 46 Comments.

  1. Halo bang jafar, mau nanya nii .. kabel power adaptornya apakah persis sama dengan yang ada di laptop? tinggal colok doang ke HDD intern nya?, soalny gambar di atas, kurang jelas gt kykny(di gambar yang terakhir, terlihat jelas kabel SATA nya, tapi kabel satunya lagi, ga mirip dengan kabel power yang di gambarkan ..) .. :D .. terima kasih sblumnya buat postingan ini ..^^

  2. anak kecil jga bisa atut kaya gitu mah

  3. bang, itu power adaptornya pake brapa ampere n brapa volt?? kalo di pasaran ga ada yg sma voltasenya bs ga diganti ma yg lbih bsar/lbih kcil (misal: powerny 8 volt, diganti ama 6 volt ato 9 volt gmna?
    trus nama kabel yg mnghubungkn antra adaptor dgn hardisk tu apa? soalnya socketnya beda ma adaptor laptop

    makasih sbelumny……..

  4. kalau untuk hardisk laptop,,,bagamainana??? bisa nggak??

  5. saya punya USB 2.0 TO SATA IDE CABLE beserta adaptor dan kabel lainya ( komplit ) dalam satu dos dengan harga 100 ribu jika berminat kirim email hendroprasetiyo@gmail.com buruan tinggal satu

  6. jon,berapaan hrga casing y (enclosure)
    mkasi

  7. bisa gak powernya gak usah lewat adaptor, lewat usb langsung???

  8. oh yaw bang untuk hardisk internal d rubah menjadi eksternal apakah bisa di buat utk hardisk ps2 slim….??
    mohon bantusannya…

  9. Info yang bagus bang!kebetulan hardisk pc ku kapasitasnya pas2an,penasaran ingin nyoba.tapi kabel USB 2.0 TO SATA IDE and powernya barang pasaran bukan?ga susah kan nyarinya?Salam kenal?

  10. bro, saya punya SATA 250GB, udah pake casing hdd jadi external, tapi kok pas di colok ke kompi ga kebaca ya??

    • pake dua kabel gak (power dan usb 2.0) biasanya perlu ada kabel power untuk proses pembacaan. saya bahkan sempat mengganti casing gara2 yang pertama hanya mempunyai satu kabel…jadi agak berat pembacaanya..

      • bang fajar kabel power adaptor yang 4 lubang nya apa namanya kalau kt beli thx?

  11. bos thom mendingan dibawa aja..hardisknya lalu tinggal ditanya ada gak kabel power adaptor 4 lubang…ane gak tahu istilahnya adaptor 4 lubang he3x…

  12. Hans Muhammad Irdan

    iru R-DRIVER yah??
    saya pake buat HDD IDE berjalan baik,
    tp pas dipake di HDD SATA 250GB GA JALAN SAMA SEKALI< MALAH SEMPAT BIKIN NOTEBOOK SYA HANG..
    saya kira untuk SATA itu ada kabel khusus untuk sata..

    ini hanya pengalaman saya saja mas bro

  13. Bisa di share gak drivernya bang??? punya sy gk ada drivernya… gk bisa dipake di wn 7… T,T

  14. bang berapa pasaran USB
    2.0 TO SATA IDE CABLE
    atau bisa juga disebut
    dengan SATA/ IDE
    CABLE TO USB
    CONVERTER sekarang dipasaran?

  15. jadi kalau dikira2 brp total semuanya? Kabel pata to usb sama power adapter?

  16. Bang , klo misal gak pake power adapter apa bisa bekerja ?
    Karena saya lihat di beberapa web lain hanya menjelaskan pembuatan HDD external dengan cable converter saja !
    Terima kasih .

  17. langsung beli casing HDD sudah ada gtu aja og repot…

  18. oy gan… law hardisk ATA bza ga’ di pakekan USB 2.0 TO SATA IDE

  19. bang mw tanya .,. Hdd IDE 250Gb ane kan nganggur,.,. ane dah pake USB 2.0 to IDE ma Adaftornya juga,.,. tp ttp ga kebaca ya.,. tolong pencerahanya.,.,. oy OS yg ane pake MANDRIVA TENACIUS 2000

    • kadang beberapa usb ada masalah…saya beberapa kali mencoba..dan harga memang gak bohong, yang lebih mahal biasanya lebih mudah mengenal jenis HD

  20. bang fajar, kalau hard disk internal mengalami SMART error 1 (301), apakah bisa diperbaiki dan dijadikan hard disk eksternal?

  21. berarti bisa jadi external hardisk buat ps2 juga?

  22. yo i …bro…

  23. kalo buat ps2 fat gmn tu sob??
    gw ada harddisk 80gb seagate nih

  24. gan belinya di mana

  25. bang kan hdd internal gw bekas ps2 tebal niatnya si mau di pasang ke ps2 slim butu software gk buat mengubahnya

  26. bang kan hdd internal saya bekas ps2 tebal trus aku mau psang ke ps2 slim bisa ngak. trus butuh software dan hardware apa saja yha

Leave a Reply

