Jelajah Pulau Pari 2015

23Sore itu saya mendapatkan jadwal untuk mengantar para rombongan sebuah perusahaan yang ingin berlibur ke sebuah pulau di gugusan Kepulauan Seribu. Mereka meminta paket untuk menuju pulau Pari, yang kini menjadi salah satu pulau destinasi ingin dikunjungi di Ibukota. Setelah mensepakati tanggal keberangkatan akhirnya disetujui untuk berangkat hari Sabtu yang lalu. Berikut perjalanannya: Read the rest of this entry

(Saat UN) “Guru Kok Gitu?”

kunci jawabanSelesai sudah pelaksanaan UN atau US 2015 diseluruh sekolah Indonesia, acara sakral yang sempat membuat anak-anak kita “kehilangan” masa muda sesaat dengan memperbanyak “drillisasi” pembelajaran. Selalu ada pembelajaran menarik yang bisa diambil dalam penyelenggaraan ujian ini, dari hal-hal yang sepele termasuk peran guru dan pimpinan sekolah dalam menyikapi ujian ini. Read the rest of this entry

Membangun Aquarium Laut Sederhana Dirumah

aqu1Setelah agak bosan mempunyai aquarium air tawar dirumah, kayaknya seru juga kalau membuat Aquarium laut, namanya laki-laki pastilah harus punya “mainan”. Dan karena hobby saya Snorkling-an dilaut jadi pengen rasanya punya taman alam bawah laut dirumah. Setidaknya seneng pulang ke rumah karena ada ada yang enak dilihat selain istri cantik yang solehah dan anak yang imut. Bayangkan kalau pulang kerumah liat istri belom mandi en bau balsem trus anak ileran plus ingusan… lengkap deh…dah ah.. Read the rest of this entry

Petaka Nilai UN dan US, Revolusi Pendidikan Yang Belum Usai

UN-PAI-2012Beberapa minggu lagi semua jenjang sekolah akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) bagi SMP dan SMA, serta Ujian Sekolah (US) bagi tingkat Sekolah Dasar. Ada permasalahan serius mengenai mekanisme pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di SD yaitu masih terbuka celah kecurangan. bahkan terakhir Ujian untuk SMA secara masif sudah bocor. Read the rest of this entry

Soal UN Bocor, Anies Harus Mundur !

284656_menteri-kebudayaan-dan-pendidikan-dasar-dan-menengah--anies-baswedanMemalukan, ini kata yang pantas ditujukan ke Mentri Pendidikan kita yang baru karena telah gagal membuat “kenyamanan” dalam proses ujian Nasional tingkat SMA.Hal ini diketahui setelah Naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk jurusan IPA beredar di internet. Soal itu sama persis dengan soal yang diujikan. Read the rest of this entry

Cara Mudah Memilih Sekolah Untuk Anak

sekolahSemester dua ini akan berakhir, bagi beberapa orangtua murid sisa bulan ini akan dijadikan ajang pencarian sekolah baru bagi buah hatinya baik yang akan pindah kejenjang baru atau justru memulai jenjang baru. Bagaimanakah cara cerdik memilih sekolah yang tepat bagi anak? berikut ulasan pribadi saya. Read the rest of this entry

Indonesia Melawan Begal

ilustrasi-begal-motolFenomena begal di Indonesia kini memasuki babak baru, kejahatan “kambuhan” ini menjadi hits dimedia karena korbannya adalah mereka aktivis-aktivis media sosial yang kerap mencuit didunia maya. Read the rest of this entry

Kumpulan Soal UTS dan UAS semester 2 K13 kelas 5 SD

soal uts kls 4Bagi sekolah dasar yang masih menggunakan Kurikulum 2013 (K13) maka akan saya berikan contoh pembuatan soal UTS dan UAS untuk semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Semoga contoh soal ini menjadi gambaran sedikit bagaimana peta penyebaran soal selanjutnya yang ada dalam buku tema K13 yang katanya super duper rumit. Silakan download sampel berikut ini.

Read the rest of this entry

WhatsApp menggunakan PC? Bisa Kok

Use-whatsapp-from-PCBagi yang capek ngelihat whatsapp menggunakan smartphone kini bisa beralih ke PC atau Leptop. Syaratnya adalah siapkan Smartphone,leptop yang terkoneksi dengan internet dan kopi. Bingung caranya ? simak tips saya berikut ini. Read the rest of this entry

Format Kop Surat UTS Semester II

uts_logoBerikut ini kop surat UTS semester II

silakan download

kop uts1

 

Revisi materi dari Kurikulum K13 ke KTSP kelas 5, 4,2 dan 1

operasi-bedah-mayat-otopsi copyBagi rekan-rekan guru kelas 5 yang akhirnya “tobat” kembali ke K13 ternyata menyisakan masalah baru. Masalah baru bukanlah masalah penilaian atau pengajaran melainkan munculnya kontradiksi pelajaran yang muncul kembali di KTSP, setelah di K13 dahulu sudah diajarkan. Tak pelak hal ini menjadi sesuatu yang harus diperhatikan karena tidak mungkin dari target kurikulum 80% ternyata tidak sampai dibawahnya. Dan agar tidak terjadi tumpang tindih materi atau kesamaan bahan ajar maka haruslah dilakukan sebuah “bedah” materi kurikulum, berikut ini akan saya buatkan gambaran hasil bedah materi kurikulum yang telah dilaksanakan di gugus V ditempat saya mengajar. simak cuy!

Read the rest of this entry

Mainan baru itu bernama Aquascape

aqGara-gara adek beli aquarium akhirnya kesengsem juga pengen beli, padahal sebelumnya gak pernah kebayang suka piara-piara ikan, hobinya kalau gak main futsal ya main game PC selingannya ya bikin soal. Setelah nggak sengaja ngecek harga aquarium di internet ternyata saya baru tahu bahwa memelihara ikan kini ada seninya yaitu bernama Aquascape. Ada kesenangan di hooby baru ini, yaitu aquarium pun punya kehidupan.

Read the rest of this entry

Kumpulan Latihan Soal UN 2015 SD

Ujian-NasionalWalaupun kini UN 2015 disemua tingkatkan tidak lagi menjadi standar kelulusan tapi setidaknya kita juga musti latihan agar nilai ujian kita lebih baik. Semoga juga latihan UN kita tidak menjadi bancakan bagi oknum guru atau UPTD agar nilai dinaikan dengan tarif tertentu agar bisa diterima disekolah favorit. berikut ini latihan soal UN untuk tingkat SD dari berbagai sumber, silakan sedot…

Read the rest of this entry

Baca ini kalau mau lulus SIM C

ujian-sim-cOperasi Zebra 2014 kemarin jujur bikin ane ketar ketir, jujur saja SIM milik saya baru tahu kalau  sudah gak diupgrade 2 tahun lalu. Dan STNK masih dalam proses balik nama, jadinya setiap hari kaya pake motor “bodong”. Rencana sih besok mau coba bikin SIM, dulu terakhir bikin SIM pake cara “nembak” he3x. Karena denger2 tahun ini para jasa SIM itu lagi pada di”bersihkan” makanya harus balik kenormal lagi , mudah-mudahan sementara…Pasalnya tau kan prosedur SIM di kepolisian sumpah ribet banget, apa lagi ada materi soal yang secara logik gak ada “kurikulumnya” di sekolah . Beruikutnya yang bikin males yang kedua adalah tes ride motor yang kadang motornya belum tentu motor harian yang kita pake…takutnya ada uji meloncati diketinggian 2 meter kayak motorcross… wah gile banget tuh. Akhirnya solusinya cari deh diinternet materi soal Ujian siapa tahu sama dengan yang diujikan besok pagi. Berikut ini ini sedikit materi ujian yang bisa jadi pelajaran sebelum mau tes teori siapa tahu cucok. Silakan dibaca

Read the rest of this entry

Raport K13 (Kontroversial 13) akhirnya keluar sudah…

1Sore ini saya mendapatkan sebuah berita dari rekan guru di sekolah bahwa pemerintah baru saja merilis aplikasi raport kurikulum 2013. Aplikasi raport sendiri bisa di download di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id . Dan benar saja akhirnya aplikasi ini benar-benar ada walaupun saya lihat masih banyak kekurangan disana-sini, antara lin model penilaian yang terlalu holistik , tidak simpel dan rigit. Selain itu aplikasi ini hanya bisa di install hanya pada komputer yang sudah terinstall dapodik.

Read the rest of this entry

Mengatasi gagal instalasi kaspersky karena microsoft net

1Bagi beberapa rekan yang mengalami gagal instalasi karena muncul pesan bahwa terjadi kegagalan instalasi pada microsoft net maka ikuti langkah-langkah berikut ini …

Read the rest of this entry

Aplikasi Raport KTSP 2014 Semester 1

raportDikarenakan keputusan mentri pendidikan kita Bpk Anies Bawesdan bahwa kurikulum 2013 di berhentikan sementara dan kembali ke kurikulum 2013 maka berikut saya berikan aplikasi raport (excel) untuk penilaian KTSP.

ternyata lebih mudah dan tidak “njlimet”…langsung masuk raport…bagi yang sudah terlanjur menggunakan penilaian K13 maka masukan nilai tema ke perpelajaran khusus. gak usah bingung…gak report kok…langsung tulis di raport merah. gampang, praktis dan tidak merepotkan. Apalagi dengan aspek-aspek yang sok spiritual.

Langsung saja sesuaikan ke dalam mata pelajaran yang sudah saya siapkan dalam kolom.

Read the rest of this entry

Umur Kurikulum 2013 pun Berakhir Sudah

Anies-Kesejahteraan-Untuk-Guru-Itu-Sangatlah-Penting-637x318Sehabis pulang makan diluar malam ini saya dikagetkan sebuah running text yang disiarkan metro tv barusan yang menyatakan bahwa kurikulum 2013 dihentikan sementara. Sontak saya langsung “gugling” ke situs langganan macam detik dan republika, ternyata benar kawan mentri pendidikan salam dua jari ini yaitu Anies Bawesdan telah melakukan rapat koordinasi pada jum’at sore nya kepada seluruh jajaran bawahannya dikemendikbud. Setelah masukan dari tim evaluasi K13 akhirnya final sudah keputusan tentang K13

Read the rest of this entry

Kumpulan Meme Kurikulum 2013

jual-rpp-kurikulum-2013-sma-lengkapSudah tahukan arti meme ? yup meme dibaca Mim adalah ungkapan perasaan seseorang yang didigitalkan lalu di shared ke dunia maya, makanya banyak kini gambar Meme yg ngehits seiring masalah sosial dan yang pastinya ingin bikin orang ketawa hiks…

Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan apalagi kurikulum 2013, berikut ini akan saya upload beberapa meme lucu tentang pendidikan kita dan kurikulum 2013, sekalian saya kasih komentar dikit lah gan…. selamat meyimak

Read the rest of this entry

Kumpulan soal tema 5 kelas 5 Kurtilas

meme2741792809Nah yang ini adalah isinya contoh soal pada buku tema 5 kelas 5, bayangkan gan ane ngajar 1 bulan 2 tema, pegimana gak muntah tuh murid ane. Yang mereka tahu mah anak mereka pinter orang diknas naik pangkat …lah yang kita-kita di depan garis peperangan ngap-ngapan….he3x..

tapi gak apa ikhlas buat murid-murid kite…bener gak pak mentri…pak mentri…pak mentri …haloooo?

Read the rest of this entry