UNDANGAN

COV HALAL BI HALALDaftar peserta halal bihalal gugus V Jatiasih DAFTAR PESERTA HALAL BI HALAL GUGUS V

isi nama guru dan nama sekolah lalu kirim kembali ke email saya di bang.fajar@yahoo.com

terima kasih kawan-kawan atas partisipasinya

Cinta itu ….

jen1Baru-baru ini kita dikagetkan dengan kisah sejoli bernama Bayu Kumbara dan Jennifer Brocklehurst. Yup dari nama jenifer sudah ketahuan kan kalau itu nama londo bukan nama silsilah betawi atau nama daerah di jatimakmur Bekasi, ia adalah wanita asal Bridgewater, Britania Raya yang sempat kuliah antropologi di Andalas Sumatra Barat. Read the rest of this entry

Review Kamera Action SJCAM 5000 + Wifi

Rotation of IMG_20150806_223455Akhirnya dapat juga neh kamera action SJCAM 5000+ yang katanya lagi digandrungi oleh para laki-laki petualang.
Walau didahului dengan merek GoPro, setidaknya kamera cukup ini meramaikan merek kamera action lainnya di pasaran. Kamera Sjcam 5000plus wifi ini adalah keluaran terbaru dari Sjcam, Sebelumnya ada  versi 5000 dan 4000. Banyak kelebihan dan pasti juga ada kekurangan dikamera ini. Simak review dari saya… Read the rest of this entry

Mengubah File PDF ke Word ? Bisa Kok

pdf1111Sambil nonoton film seri Scorpion saya akan jelaskan tutorial convert pdf ke word tapi dengan hasil sempurna. Maka Bagi rekan-rekan yang masih penasaran bagaimana caranya mengubah file PDF ke Word wajib simak tutorial saya berikut ini. Read the rest of this entry

Mengubah File Word ke PDF

word-to-pdfBagi kalian yang ingin mengubah file word menjadi PDF maka ikuti tutorial berikut ini : Read the rest of this entry

Mempertanyakan Kejujuran Nilai UN Dari Sisi Statistik

un1Akhirnya keluar sudah hasil UN atau US tingkat SD 2015, bagi sekolah yang rata-rata nilai tinggi menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah tertentu, dan bagi sekolah yang mendapat nilai bervariasi atau bahkan dengan rata-rata rendah bisa menjadi sebuah pembelajaran baru dan alat evaluasi kedepan.  Read the rest of this entry

Cara Alternatif Download Video Youtube

12Mungkin saya agak telmi tentang info ini, karena terlalu bergnatung sama IDM untuk software download. jadinya pas IDMnya lagi error maka kelabakan deh pas mau download . Padahal sudah ada web alternatif yang bisa dipakai sebagai media download. yaitu http://en.savefrom.net/ Read the rest of this entry

Jelajah Pulau Pari 2015

23Sore itu saya mendapatkan jadwal untuk mengantar para rombongan sebuah perusahaan yang ingin berlibur ke sebuah pulau di gugusan Kepulauan Seribu. Mereka meminta paket untuk menuju pulau Pari, yang kini menjadi salah satu pulau destinasi ingin dikunjungi di Ibukota. Setelah mensepakati tanggal keberangkatan akhirnya disetujui untuk berangkat hari Sabtu yang lalu. Berikut perjalanannya: Read the rest of this entry

(Saat UN) “Guru Kok Gitu?”

kunci jawabanSelesai sudah pelaksanaan UN atau US 2015 diseluruh sekolah Indonesia, acara sakral yang sempat membuat anak-anak kita “kehilangan” masa muda sesaat dengan memperbanyak “drillisasi” pembelajaran. Selalu ada pembelajaran menarik yang bisa diambil dalam penyelenggaraan ujian ini, dari hal-hal yang sepele termasuk peran guru dan pimpinan sekolah dalam menyikapi ujian ini. Read the rest of this entry

Membangun Aquarium Laut Sederhana Dirumah

aqu1Setelah agak bosan mempunyai aquarium air tawar dirumah, kayaknya seru juga kalau membuat Aquarium laut, namanya laki-laki pastilah harus punya “mainan”. Dan karena hobby saya Snorkling-an dilaut jadi pengen rasanya punya taman alam bawah laut dirumah. Setidaknya seneng pulang ke rumah karena ada ada yang enak dilihat selain istri cantik yang solehah dan anak yang imut. Bayangkan kalau pulang kerumah liat istri belom mandi en bau balsem trus anak ileran plus ingusan… lengkap deh…dah ah.. Read the rest of this entry

Petaka Nilai UN dan US, Revolusi Pendidikan Yang Belum Usai

UN-PAI-2012Beberapa minggu lagi semua jenjang sekolah akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) bagi SMP dan SMA, serta Ujian Sekolah (US) bagi tingkat Sekolah Dasar. Ada permasalahan serius mengenai mekanisme pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di SD yaitu masih terbuka celah kecurangan. bahkan terakhir Ujian untuk SMA secara masif sudah bocor. Read the rest of this entry

Soal UN Bocor, Anies Harus Mundur !

284656_menteri-kebudayaan-dan-pendidikan-dasar-dan-menengah--anies-baswedanMemalukan, ini kata yang pantas ditujukan ke Mentri Pendidikan kita yang baru karena telah gagal membuat “kenyamanan” dalam proses ujian Nasional tingkat SMA.Hal ini diketahui setelah Naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk jurusan IPA beredar di internet. Soal itu sama persis dengan soal yang diujikan. Read the rest of this entry

Cara Mudah Memilih Sekolah Untuk Anak

sekolahSemester dua ini akan berakhir, bagi beberapa orangtua murid sisa bulan ini akan dijadikan ajang pencarian sekolah baru bagi buah hatinya baik yang akan pindah kejenjang baru atau justru memulai jenjang baru. Bagaimanakah cara cerdik memilih sekolah yang tepat bagi anak? berikut ulasan pribadi saya. Read the rest of this entry

Indonesia Melawan Begal

ilustrasi-begal-motolFenomena begal di Indonesia kini memasuki babak baru, kejahatan “kambuhan” ini menjadi hits dimedia karena korbannya adalah mereka aktivis-aktivis media sosial yang kerap mencuit didunia maya. Read the rest of this entry

Kumpulan Soal UTS dan UAS semester 2 K13 kelas 5 SD

soal uts kls 4Bagi sekolah dasar yang masih menggunakan Kurikulum 2013 (K13) maka akan saya berikan contoh pembuatan soal UTS dan UAS untuk semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Semoga contoh soal ini menjadi gambaran sedikit bagaimana peta penyebaran soal selanjutnya yang ada dalam buku tema K13 yang katanya super duper rumit. Silakan download sampel berikut ini.

Read the rest of this entry

WhatsApp menggunakan PC? Bisa Kok

Use-whatsapp-from-PCBagi yang capek ngelihat whatsapp menggunakan smartphone kini bisa beralih ke PC atau Leptop. Syaratnya adalah siapkan Smartphone,leptop yang terkoneksi dengan internet dan kopi. Bingung caranya ? simak tips saya berikut ini. Read the rest of this entry

Format Kop Surat UTS Semester II

uts_logoBerikut ini kop surat UTS semester II

silakan download

kop uts1

 

Revisi materi dari Kurikulum K13 ke KTSP kelas 5, 4,2 dan 1

operasi-bedah-mayat-otopsi copyBagi rekan-rekan guru kelas 5 yang akhirnya “tobat” kembali ke K13 ternyata menyisakan masalah baru. Masalah baru bukanlah masalah penilaian atau pengajaran melainkan munculnya kontradiksi pelajaran yang muncul kembali di KTSP, setelah di K13 dahulu sudah diajarkan. Tak pelak hal ini menjadi sesuatu yang harus diperhatikan karena tidak mungkin dari target kurikulum 80% ternyata tidak sampai dibawahnya. Dan agar tidak terjadi tumpang tindih materi atau kesamaan bahan ajar maka haruslah dilakukan sebuah “bedah” materi kurikulum, berikut ini akan saya buatkan gambaran hasil bedah materi kurikulum yang telah dilaksanakan di gugus V ditempat saya mengajar. simak cuy!

Read the rest of this entry

Mainan baru itu bernama Aquascape

aqGara-gara adek beli aquarium akhirnya kesengsem juga pengen beli, padahal sebelumnya gak pernah kebayang suka piara-piara ikan, hobinya kalau gak main futsal ya main game PC selingannya ya bikin soal. Setelah nggak sengaja ngecek harga aquarium di internet ternyata saya baru tahu bahwa memelihara ikan kini ada seninya yaitu bernama Aquascape. Ada kesenangan di hooby baru ini, yaitu aquarium pun punya kehidupan.

Read the rest of this entry

Kumpulan Latihan Soal UN 2015 SD

Ujian-NasionalWalaupun kini UN 2015 disemua tingkatkan tidak lagi menjadi standar kelulusan tapi setidaknya kita juga musti latihan agar nilai ujian kita lebih baik. Semoga juga latihan UN kita tidak menjadi bancakan bagi oknum guru atau UPTD agar nilai dinaikan dengan tarif tertentu agar bisa diterima disekolah favorit. berikut ini latihan soal UN untuk tingkat SD dari berbagai sumber, silakan sedot…

Read the rest of this entry