Curhat Pungli Lovers : “The Real Tax Amnesty Pemburu Waktu”

(artikel ini adalah fiksi belaka yang pasti bukan terjadi di Indonesia, saya serius loh!…)

money_handBeberapa hari lalu saya dapat Broadcast via WA yang isinya tentang pelarangan “Pungli” di level pendidikan. Jujur saya terenyuh dan menatap murka, sebagai aktivis pecinta Pungli WA itu adalah bohong belaka.

Read the rest of this entry

Si Ikan Disket (Discus): Sang Raja Ikan Hias air tawar

Entah mengapa jadi seneng miara ikan Discus hias air tawar, padahal dulu ngeliatnya aneh gitu…kok ikan gepeng kaya ikan bawal. Ternyata setelah di lihat-lihat cakep juga desain badannya, kayak ada batik-batiknya gitu deh. Read the rest of this entry

Kumpulan Soal UAS Semester 1 Kelas 4 dan 5 (Kurikulum 2013)

jenis-ujian-sbmptnKawan-kawan guru semua Ujian Akhir Semester I akan tiba Desember nanti. Untuk persiapan anak-anak dalam menempuh ujian maka akan saya berikan latihan soal secara cuma-cuma kumpulan soal yang pernah saya buat khusus untuk kelas 4 dan kelas 5 jenjang SD pada kurikulum 2013.

Semoga berguna bagi kawan2 guru dan termasuk orang tua siswa semua.

Read the rest of this entry

Aplikasi Excel Pembuatan Kisi, Kartu Soal dan Analisis Butir Soal (Final)

kover-baruAlhamdulillah akhirnya selesai sudah pembuatan aplikasi terintegrasi teruntuk bagi para guru semua, dimana dalam satu aplikasi ini kawan-kawan guru baik jenjang SD, SMP atau SMA bisa mempergunakannya atau membuat dokumen lengkap baik kisi-kisi soal, Kartu Soal bahkan beserta analisis butir soal dalam satu (file) paket. Read the rest of this entry

Aplikasi Excel lengkap “Kisi dan Kartu Soal PG, Uraian & Essay”

aplikasi-kartu-soalSetelah sebelumnya saya merancang Aplikasi Excel untuk Soal Uraian dan Essay, maka pada aplikasi ini saya menambahkan aplikasi kartu soal Pilihan Ganda.

Jadi kisi-kisi soal dan kartu soal PG, Uraian dan Essay lengkap dalam 1 aplikasi ini. Read the rest of this entry

Aplikasi Excel “Kartu Soal Uraian dan Essay”

kartu-soal1Capek buat kartu soal ? makanya  dari pada kita copas sana sini, saya buatlah aplikasi pembuat kartu soal khusus untuk soal Uraian dan soal Essay. Read the rest of this entry

Awkarin, Jesica dan Marwah …. Hhhmmm

srikandi-senopati-cropresizeSebelumnya kita mengenal Srikandi dalam tokoh pewayangan versi jawa dan India. Srikandi selalu  digambarkan sebagai sosok perempuan yang tangguh dan gagah, secara asal-usul Srikandi sama-sama dikisahkan merupakan anak dari Drupada, Raja Pancala. Read the rest of this entry

Persiapan Giant Display Kelas 2016-2017

my-classRencana mau bikin display lagi neh…kira-kira apa yang seru….

sebelumnya saya dan murid sudah bikin beberapa tema, seperti danger of Acid, Cita-citaku, tokoh dll. Read the rest of this entry

Satria Dharma, Gerakan Literasi dan Fishbone

gerakan-literasi-sekolah-284x300Akhir-akhir ini kemendikbud sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan gerakan membaca untuk menjadi budaya, walaupun agak sedikit terlambat, tetapi saya akan mengucapkan terima kasih untuk penggagas nasional gerakan ini kepada ketua IGI (ikatan Guru Indonesia) Satria Dharma di awal tahun 2013-an. Read the rest of this entry

Download Modul Guru Pembelajar Untuk Jenjang SD

portal GP...Jelang persiapan program diklat “Guru Pembelajar” yang akan dilaksanakan awal bulan September 2016 ini pemerintah melaui Depdiknas mengeluarkan modul berupa materi yang sesuai dengan tema pendidikan tertentu dan dijenjang tertentu. Read the rest of this entry

Format kepala Soal UTS KKG Gugus V

silakan di download

format kepala soal

Full Day School apa Full “Romusha” at School ?

ngantukSelain heboh kakek lincah asal Yogyakarta yang “bangkit dari kubur” dan heboh rencana pemerintah menstabilkan harga sapi dengan cara mengimpor jeroan asal Australia, ternyata headline berita di Indonesia belum selesai sampai disitu. Tengok saja rencana Mendikbud (Muhadjir) baru pengganti Anies Bawesdan yang berencana memberlakukan full day school bagi tingkat SD dan SMP, menurut gosip katanya konsep ini pun sudah direstui wapres Jusuf Kalla. Read the rest of this entry

Format Raport SD Kurikulum 2013 via Excel

Logo KurikulumBerikut raport K13 terbaru yang sudah disyahkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah diakhir 2015. Read the rest of this entry

GTA SA dan Guru Indonesia

gta_SA_360Lupakan sudah eforia kemenangan dramatis Portugal di Euro 2016 atau kisah Ibu Nurmayani, guru SMP Negeri 1 Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan yang yang harus mendekam di balik jeruji karena dipolisikan oleh orangtua dari anak didiknya. Read the rest of this entry

“Surat Cinta” Tukang Cilok Untuk Pak Jokowi

Resep-Cilok-Khas-BandungPerkenalkan pak Jokowi nama saya Asep panggil aja bang Ricky, saya seorang tukang cilok yang sering kongkow dengan grobak mini di gang mandor daerah Bekasi.

Saya mau curhat nih pak jokowi…..curhat dooong aaaa…..halah !!!.  Pas bulan Romadon gini namanya lagi puasa dagangan pasti sepi termasuk dagangan saya, biasanya dihari biasa bocah-bocah udah pada bergerombol beli cilok saya, karena selain ada cilok rasa original, cilok saya juga punya keunggulan lain dengan meng-combine cilok rasa Marshmallow dilapisi Jeju, cilok Nutella bahkan cilok Taco. Read the rest of this entry

Surat Terbuka Dokter Spesialis Kebiri untuk Jokowi

kebiriSelamat siang pak jokowi perkenalkan saya dokter spesialis kebiri dari Amerika. Kebetulan kemarin saya membaca berita tentang negara anda di kertas koran bekas nasi uduk langanan saya dekat prapatan pinggir kali kota Bronx yang biasa saya beli pagi hari sebelum kerja. Read the rest of this entry

Gawat Darurat Dangdut Indonesia

goyang_dangdut-20131209-105405Beberapa hari yang lalu KPI Jawa Barat (24/5) tiba-tiba membuat edaran tentang pembatasan siaran lagu dangdut. Saya mencoba mencari tahu ada apakah gerangan? ternyata usut demi usut edaran ini berkenaan dengan syair lagu dangdut yang kini telah berevolusi menjadi karya seni yang “menyimpang”. Read the rest of this entry

Ada apa dengan sekuel film AADC ?

aadc1Ekspetasi saya yang terlalu berlebihan pada sekuel film AADC ini tidak berbuntut manis. Beda keindahannya seperti sejak pertama kali nonton film AADC di bioskop Solo 2002 saat kuliah dulu. Read the rest of this entry

Suku Amish dan Kemiripan Wajah (Guru) Pendidikan Kita

amishJika kawan-kawan sudah menonton film serial Banshee (Cinemax) maka akan familiar dengan tokoh bernama Rebecca Bowman (Lili Simons). Remaja yang berasal dari suku Amish ini terusir karena melawan doktrin sukunya sendiri. Di artikel ini saya tidak akan berbicara tentang film Banshee karena ini film teramat vulgar jika masuk ke Indonesia. Read the rest of this entry

Kumpulan UAS kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013

k13Berikut ini akan kami berikan contoh Ulangan Akhir Sekolah untuk kelas 5 kurikulum 2013 tahun ajaran 2015/2016 . silakan download …. Read the rest of this entry