Membuat DVD/CD rom Internal jadi Eksternal

Kadang kalau CPU kita dah rusak pasti ada bagian yang masih bisa dimanfaatkan, misalnya salah satunya CD atau DVD rom , nah kita bisa memanfaatkan DVD rom ini menjadi dvd rom eksternal,  apalagi kalo jika kita mempunyai laptop biasanya kemampuan CD rom nya cepet aus (emangnya Rem🙂  . Bagaimana caranya sehingga cd/dvd rom bekas CPU bisa kita manfaatkan ? mari kita simak…

Langkah pertama siapkan CD atau DVD rom

kalo mau beli yang bagus aku rekomen beli aja Lite-on

langkah ke dua beli converter IDE/SATA-to-USB, kisaran harga 100-150rb an. Merek Vantec Juga bagus

Perhatikan juga daya yang digunakan dengan daya yg tersedia. Pengalaman orang-orang sebelumnya , Kalau adaptor convertor-nya tersupply 1,5 A, sdgkan DVD drive mintanya 2 A maka jangan pilih. Pilih yg lebih besar lagi. Pengalaman jika  kekecilan, maka gagal terus untuk bakar DVD.

langkah ke tiga colokan semua ke posisi DVD

Nah selesai deh… nikmatin CD/DVD rom kalian yang baru

Salam Blogger

Posted on 02/10/2010, in Computer, tips. Bookmark the permalink. 43 Comments.

  1. mas saya memiliki netbook advan yg tdak memiliki CD/DVD Room, cocoknya pake converter IDE/SATA-to-USB merek apa ya?…..
    tolong balas lewat email facebook saya di rio.yuliano@yahoo.com.

    • setahu saya di harco cuma jual satu merek saja yaitu Sata/IDE …coba deh kapan2 mampr ke hARCO ..harga 60-80rban

  2. thank’s lumayan ngirit ……

  3. gimana mas,cara pemasangan kabel sata usb ke cd internal nya?arus tenaga nya apakah langsung dari kabel sata atau kita beli adaptor nya lagi untuk tenaga/energi nya?.saya mohon info nya mas..harap di jawab pertanyaan saya via email darsianto@gmail.com/via SMS ke 085279161918.terimakasih,semoga sukses..

    • setahu ane ketika beli kabel Sata itu sudah sepaket dean adaptor, jadi gak usah beli lagi adaptor. nah pengalaman ane kadang kabel sata itu kalo sering bermasalah jaddi gak detect lagi. ini juga lagi nyari di harco yang tipe2 lain tapi hampir kebanyakan tipenya atau mereknya itu2 aja (harganya berkisar 60-80 ribu)

  4. Slamet Riyadi

    ada DVD rom nggak kepakai, ingin saya manfaatkan untuk DVD player yang langsung connect ke tv bagaimana caranya?

  5. terima kasih informasinya.

  6. “Perhatikan juga daya yang digunakan dengan daya yg tersedia. Pengalaman orang-orang sebelumnya , Kalau adaptor convertor-nya tersupply 1,5 A, sdgkan DVD drive mintanya 2 A maka jangan pilih. Pilih yg lebih besar lagi. Pengalaman jika kekecilan, maka gagal terus untuk bakar DVD.”

    untuk adaptornya bisa minta yang dayanya lebih besar ya waktu qt beli…??? trs untuk DVD nya bisa dilihat dmn bsr dayanya biar qt tahu dan bisa nanti beli adaptor yang pas biar installnya sukses.. mohon dibalas di email saya aja ya ==>> ryovanero@yahoo.com

  7. Kalo untuk dvd room samsung sh-s223 gmn mas bro, tolong dibantu. kirim via email ya, thanks….

  8. Kalo untuk dvd room samsung sh-s223 gmn mas bro, tolong dibantu. kirim via email ya, thanks….

  9. mas untuk Sata/IDE bisa di gunakan untuk mengistal windows?

  10. mas lw boleh q minta gmbar yang dah terhubung antara DvD tw Cd dengan netbook…makasih

  11. converternya uda berikut pwr suplay gak?

  12. nice info ….. mau coba deh

  13. odicungkring

    mas kalo buat dvd eksternal dari laptop yg rusak gimana yah ???
    bisa minta penjelasan ny ??

    • mm…setau saya kalau dvd yang rusak pasti kena di bagian optik (proses pembacaan ) yag makin lemah. nah biasanya jarang sekali teknisi yang bisa memperbaiki. jadi banyak pihak yg menyarankan termasuk saya jika DVDnya rusak maka harus diganti yang baru, termasuk untuk laptop. kinisudah banyak vendor2 yg menawarkan penggantian dvd yg rusdakbiasanya merek yang sering dijadikan penggnati adalah panasonic. ada kok servisnya penggnatiannya di mangga dua atau bekasi cyberpark…

  14. Wah…, ini mas yang saya cari. Untuk mengetahui kebutuhan daya DVD eksternalnya itu dibagian mananya mas??? ada tulisannya tidak? balas ya….,…🙂
    Visit back y

    • untuk DVD external biasanya ada dibagian atas dvd..silakan cek saja..tetapi biasany casing dvd external yang sekanara ada sudah menyesuaikan dengan standar konsumsi yg diperlukan…

  15. Thanks, sangat membantu saya yang tidak mampu beli CD-ROM eksternal😀

  16. mas kalau laptopnya yg rusak, dvd yg di laptop bisa di buat jadi eksternal gak untuk di pakai di cpu?

  17. thank’ ats infonya…

  18. Dvd-rw internal laptop bisa jd eksternal gak?
    Dimana bli kabelnya kalo bisa?

  19. Ke laptop/note booknya aman ga gan? Sprt pmbhasan d atas kbiasaan kan 1,5 A itu standar notebook ya? Sdngkan kbanyakan dvd internal butuh 2 A apa baik2 saja ke laptop/notebooknya? Tlng infonya yah?🙂 makasih gan

  20. mas, saya punya converter sata to usb itu, tapi pas saya coba, dvd-rw nya g nyala2. saya g tw, salahnya pada converternya atau di dvd-rw nya.kbtulan dvd-rw PC udh lama g pake, gmn y cara tauny kalo dvd-rw masih berfungsi? makasi y sbmnya

    • cek apakah keduanya (dvd dan converternya) normalgak? jangan2 DVDnya yg rusak….atau lagi pas beli converter tlg dicek sama penjualnya apakah masih berfungsi atau tidak…

  21. mas di bantu…saya udah coba seperti cara diatas…pas saya masukan kased dvd tapi koq kased nya gak muter…jd gak terbaca isi kased tersebut…dvd gua taon 2006.

  22. Notebook ane hp mini, tapi kok gk kedetect yah,..????

  23. galuh felibel

    bang kalo notebook ane mau d,kasih cd rom dari dvd player itu gimana yha caranya …

  24. ada DVD rom nggak kepakai, ingin saya
    manfaatkan untuk DVD player yang
    langsung connect ke tv bagaimana
    caranya?

  25. mass cara merubah dvd rw laptop menjadi dvd eksternal bisa ga, soalnya kabel dvd nya ada 2 yang 1 kabel sata yang 1 nya lagi ga tau kabel apa tapi lebih kecil dari kabel sata ????

    mohon di jawabannya mass !!!🙂

  26. masih punya gk konventernya sama power suplyny hrgny brp,mksh

  27. di pake di laptop bisa ?? IDE/SATA-to-USB itu kabelnya mass ??

Leave a Reply

