Review Asus A43S-vx023d, Republic of gamer kah?

Setelah 4 tahun menggunakan Laptop Acer 4535 bulan Juni 2012 ini saya memutuskan untuk mengganti laptop tersebut, hal tersebut dikarenakan teknologinya yang sudah semakin tertinggal dengan generasi sekarang. Setelah melakukan beberapa survey dan googling kesana kesini akhirnya hati saya tertuju pada merek Asus. Dulu saya sempat meremehkan kemampuan Asus dalam memproduksi laptop, iya dong soalnya kalau bicara Asus pasti berbicara mengenai Motherboard, DVD yang begitu terkenal mewah, powerfull dan mahal. Tetapi kini dengan beberapa pembuktian secara extreem Asus dapat mengambil hati para konsumen laptop.

Karena memang laptop baru yang akan saya gunakan ini lebih berfokus ke desain dan buat main game, maka perburuan tersebut berhasil setelah saya jatuh hati kepada Asus seri A43S-vx023d. berikut spesifikasi nih laptop:

SPESIFIKASI ASUS A43SA – VX023D

Intel® Core™ i5-2430M Processor (2.40 GHz, 3M Cache) Chipset :Intel® HM65 Express Chipset
Memory : 2 GB DDR3 PC-10600, max 8GB
ATI 6730 2GB GDDR3 Dedicated
640 GB Serial ATA 5400 RPM
Display Size :14″ WXGA LED
Speaker :Altec Lansing®
IO : 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, VGA, HDMI, LAN, Audio, Bluetooth, WIFI a/b/g/n
6 Cell of Battery
DOS (pada saat review pake WINDOWS 7 64bit)

Seri ini adalah keluaran terbaru dari seri ASUS A43SA – VX022D yang masih menggunakan intelcore 3 dan ASUS A43SA – VX071d yang sama-sama mengusung Core 15 tetapi hanya menggunakan RAM seri 8600 (nanggung banget)…

Sekarang saya akan tampilkan laptop yang katanya wajib dibeli bagi yang pecinta Desain dan bagi gamers tapi dengan dana terbatas.

packing dus

Kode samping, untuk mengecek apakah menggunakan seri laptop A43S-vx023d atau A43S-vx071d cek belakang laptop

Cek segala semua kelengkapan jangan sampai ada yang hilang. Kabel, baterai, CD driver, Kartu garansi dll

Penampakan: Alumunium tough, Ice Cool, warna silver dan hitam pada cover atas

Semakin tangguh dengan intelcore sandy bridge 5 dan Ati Radeon HD 6730 2 Giga, what the F***!?!?

Kenapa harus ATI RAdeon HD 6730

Dengan pembacaan di 128 bit. VGA ini dikatakan masuk kategori medium ( kalo mau yang extreem silakan cari yang seri GTX DDR5 dengan harga diatas 3-4 juta he3x), walaupun masuk katagori medium tetapi sangat cocok dengan kualifiksi games saat ini seperti crysis 3 (tau kan game crysis? ane aja baru tahu). Saya sangat menyesal jika ada yang punya laptop ini tetapi hanya bermain angry bird. saya yakin pengkonsep laptop ini akan angry en crying sejadi-jadinya. Anda boleh cek review adik dari laptop A43S-vx023d ini yaitu ASUS A43SA – VX022D disini, logikanya jika adiknya bisa keren begitu apalagi abangnya…

atau bisa cek di http://www.notebookcheck.net silakan klik disini

Untuk Ram saya sarankan silakan diupgrade menjadi 4 s/d 8 giga dengan begitu performa semakin “sadis”. Sampai sekarang saya gak ngerti kok Asus seri ini cuma ngasih 2 giga. saya berpositif thinking mungkin hal  ini dilakukan agar Asus dapat membagi rezeki ke vendor lain dengan menjual RAM he3x…

Test Game

Sepertinya sudah banyak game-yang bisa diinstal disini termasuk review kawan pengguna Asus yang lain. Saya akan coba tampilkan saja settingan pada Game PES 2012

tinggal nambah RAM saja kan kawan…

Okeh bagian terakhir, pasti banyak yang minta apa sih kekurangan laptop ini? okeh

1. Laptop ini bawaan RAmnya cuma 2 Giga

2. Suara tidak terlalu menggelegar padahal udah pake Altec (but ane lebih suka kayak gini soalnya bisa pake manset maaf maksudnya headset bro)

3. Hati-hati ane pernah beli nih laptop cacat, so perhatikan baik-baik jangan sampai ente nerima yang pas cacat.

4. colokan ada ditengah, coba ada di belakang

5. kabelnya pendek banget bro, Acer ane aja colokannya ampe 2 meter lebih.

6. Harga masih 6 jutaan..ane sih pengennya 4 jutaan he3x…

So itu saja yang ane bisa sampaikan … yang pastinya tinggal anda yang menentukan, ingat belilah laptop sesuai dengan kebutuhan, bagi yang kantoran ane sarankan jangan membeli laptop ini, kecuali yang berjiwa gamer dan suka bertualang didunia multimedia. Intinya laptop ini cocok bagi gamer yang menyatakan dirinya bagian dari Republic of gamer tapi dari kaum miskin perkotaan.

Salam blogger

Posted on 18/06/2012, in Computer and tagged , , , . Bookmark the permalink. 41 Comments.

  1. ngetes leptop cacat apa ngga itu gmana? soalnya pengen beli ni leprtop tapi takuyt dpt yg cacat. thanks

    • kalo saya kemaren dilihat dulu secara seksama…kemudian kalo fisiknya sudah oke ..tinggal kita coba install os…cek apakah hardware bawann laptop sempurnya..kaya wifi, dvd, kamera…jadi segera langsung dicoba dan dimainin aja…

      just that …

  2. mantap kangg , . ,
    ane udah hampir setahun make nie laptop
    terus laptop ane jadi langganan untuk game, buat video, n editing lagu
    kagak nyesel juga punya inie laptop

  3. kalo buat main pes 2012 lma
    prlu cpot btre pa gak ush gan bgusnya

  4. tanya dong gan ini laptop masih ada apa ga ia ? katanya ini udah discontinue
    kalo masih ada di pasaran coba dong rekomen toko yang jual di wilayah jakarta

    • iya sudah discontinue…soalnya kalu banyak yg beli rugi juga mereka…he3x…kalau mau beli coba tanya ke BCP bekasi…mereka biasanya mau nyariin barang kok,,,

  5. lebih bagus mana sob dgn asus wx094d.?

    • kalau asus wx094d vganya bermain di NVIDIA…kalau dilihat serinya sudah masuk di Nvidia 635 2 G. itu artinya ini laptop keren. dan suport nphsyx…sudah icore5 ram 4 giga.
      jika dibandingkan dgn laptop ane. prosesor sama, tetapi wlaaupun vga beda merek keduanya sama-sama setipe. cuma saya tetap lebih suka jika vga bermerek radeon. so … gak ada bedanya…

  6. makasih gan infonya. kbtulan ane baru beli yg wx094d coz laptop yg seperti punya ente udh keburu di beli orang lain padahal ane di tawarin cuma harga 5.3juta, nyesel deh ane😀 terpaksa nambah duit tuk beli yg wx094d, harganya jauh lbh mahal 6.55jt,

    • yah gak-apa..itu pasti mahal soalnya ramnya dah 4 giga..kalo ane masih 2 giga jadi ane nambah ram lagi…

  7. eh 1 lagi gan. battrey laptop ente tahan berapa jam gan?
    battrey laptop ane cuma tahan 2jam, bentar bgt

  8. Salam kenal gan,

    Laptop ane A43SD-VX49D, mau tanya apa perbedaan sama laptop ente gan?
    Trus kalau di pake game berat laptop ane kuat gk ya?spt PES, Flight Simulator? Thanks banget ya

    • prosesornya dan vga nya apa bro?

    • mungkin yang dimaksud A43SD-VX4″2″9D ya?
      berati agan pake pros i3 dan vga nvidia 610m 2giga.
      bedanya ama lampie ane ya proc ane dah i5 dan vganya Ati hd 6730 2g

      dikelas prosesor i5 lebih tinggi dari i3, kemudian vganya walaupun beda merek nvidia atau ATi , tetapi secara seri seri agan lebih rendah…nvidia 610m itu kalau saya katakan masih versi nanggung karena setelah peluncuran nvidia 610m dah keluar seri diatasnya yaitu GT630 2g, dimana kemampuan utk physix, 3d sudah mumpuni.
      cek situs ini http://www.geforce.com/hardware/desktop-gpus/geforce-gt-610/specifications

      utk game berat yg pasti vga agan akan lebih panas ketimbang vga ane. lalu vga ane sudah hampir sama dengan seri nvidia GT630 2g. ane copas dari web sebelah nih:
      kelebihan dan kekuranganya
      antara keduanya cukup banyak dan tidak cukup untuk dijelaskan
      tetapi dari segi test dan performa mempunyai kekurangan dan kelebihan
      sendiri sendiri antara lain

      -VGA nvidia geforce handal untuk memainkan game direcxt 11
      tetapi tidak handal untuk memainkan game berbasis direcxt 10 dan 9
      daripada AMD radeon, menurut sebagian test dan bensmark

      – untuk kebutuhan edit video geforce handal karena CUDA nya
      yang sering di gunakan banyak aplikasi, sedangkan radeon AMD app
      (open cl) ini jarang di gunakan,

      – NVIDIA mempunyai feature physx yang di gunakan agar tampilan
      game lebih jernih karena process mengolah data game sebagian
      di pindah ke GPU physx hanya berkerja maximal pada grapich
      geforce HIGH END, AMD ada feature seperti ini namun pengolahanya
      di bebankan ke CPU

      – untuk kebutuhan pemutar VIDEO amd radeon lebih baik karena
      mendukung banyak extensi video lebih daripada geforce dan
      amd radeon juga mempunyai feature UVD yang tidak dipunyai NVIDIA

      dan untuk mrlihat kelebihan vga ane bisa cek diitus ini: http://www.notebookcheck.net/AMD-Radeon-HD-6730M.43959.0.html

      semoga berguna

  9. om, di artikel yg om tulis diatas

    ….”tetapi hanya menggunakan RAM seri 8600 (nanggung banget)…”

    sori om,ane masih awam soalnya, maksudnya menggunakan ram seri 8600 kenapa ya dibilang nanggung?

    apa karna cuma dikasih bawaan 2Gb, ato ada faktor lain?

    • ram kan ada seri2nya…kebetulan ram yg ada di asus ini seri 8600…dengan besar 2G…ada sri ram yang lebih tinggi dari 8600…

  10. sy makai Acer4535 udah 3,5 thn siang pakai kerja dan malam mainin game klau lgi acara tv gak enek smapi 4 jam dari WE9, pes2010 ape skrg pes2012, OFP Red river, dll gak prnh bermasalah bang…..3 hr yg lalu makai modem dengan cble usb 1,5 meteran terkena tumpahan air pada modem dan laptopnya langsung gelap, cuma lampu power, carger dan fan bekerja saat dihidupkan lagi…….apakah laptop saya terkena Mainbord nya..?????????? dan kira2 sampai brapa perbaikannya biasanya ?????
    skrang bengong aja…plototin tuh laptop.

  11. gan, laptop ane asus a43s processornya i3, tapi vganya intel gmana tu gan

  12. mw nnya D laptop ny situ game PES 2013 mw ap nggk iy..
    soal ny laptop saya seri ny sama seperti mas nggk mw

  13. gan.. laptop saya juga sama kaya agan. cuma kok ya walau vga ati 2GB ram 4GB main assasin pas dikotanya agak ngelag ya? padahal di dalem ruangan atau di kapalnya gitu ga ngelag. terus kalo pes pas replynya agak suka ngelag gitu. kenapa ya? apa ada yang kurang softwarenya?mohon pencerahannya gan segera :))

  14. cuman mau nambahin info, biar suara tambah keras, bisa diisntall sonic focus (di laptop gw ga berasa sih😛 ), soundblaster mod realtek dan/atau razer surround.

    buat soundblaster X-Fi sama razer surround udah gw coba sendiri di A43SA gw gan.

    hasilnya : mantabb

  15. asus A43S menurut w bagus smua
    buat game bagus,browsingan bagus, pokok nya ok dah
    w aja udah hampir 4 tahun nih make laptop asus A43S
    w pake game online terus nih laptop😀 wakakka

  16. ane ampe 4 tahun pake laptop ini gak pernah rusak , speaker altec emang oke dah . walaupun di improve pake srs audio sandbox tetep sehat ga pecah😀 . salut dah sama A43S😀

    • Wah rata2 asus type A43S enak buat multi media & game. Ane udah pake dari tahun 2010 ampe sekarang 2014 ga ada masalah tapi prosesor masih core I3 karena i5 belum keluar. Walaupun sempat jatuh & penyok di salah satu sudutnya. Ane udah upgrade ram jadi 6gb tp tetap kalau gake window 7 32 bit yg kebaca cuma 4gb jd 2gb nganggur
      . Kecuali pake 64bit. Tapi software printer kantor ane ga support ke 64 bit.

      • a43s yg ane pake itu udh Intel core i5 dan memakai VGA Nvdia Geforce GT 540M.
        kalo ane bawaan dari asusnya Windows 7 64 bit only . jadi kalo mau ganti os kudu download dulu gan .. tapi syukur deh itu laptop masih kuat gak pernah rusak ampe sekarang dan masih bisa bersaing dengan laptop2 keluaran skrg hehe

      • mantab bro

  17. gan, VG ane HD6730M rusak nih chipsetnya.
    mungkin ada diantara para pembaca yg mau jual pretelan a43sa nya,
    ane siap tampung VGA nya gan.

    mohon infonya gan ke ch3vhot.game@gmail.com
    makasih

  18. udah pake laptop ini ampir 4 taun baru nemu reviewnya sekarang … hahaha. mantap kok powerful, gak kalah sama laptop i5 terbaru.. .. alumuniumnya jg berkelas, ga bisa didapat dr laptop2 <7,5 jt jaman skr ini

  19. Gan, mau nanya. Laptop ane sama persis dgn punya agan. Ane mw upgrade ram nya jadi 8gb. Ane udah searching” masalah kapasitas maksimal ram laptopnya. Disitu tertera up to 8gb. Nah kan slot nya ada 2, itu per slot 8gb atau total 8gb=4+4???
    Terima kasih sebelumnya gan

  20. Mau nanya gan, laptop ane sama persis sama punya agan. Mau upgrade ram laptopnya tapi takut salah, ane searching” ram nya up to 8gb. Nah itu 8gb per slot atau totalnya 8gb=4+4???
    Makasih sebelumnya gan

  21. punya ane juga a43s series ngedota lancar2 aja pes2014. walau intel core i3 radeon graphics 6730m 2GB malah ane bangga temen2 pada ngiri .wkwkwk

  22. Laptop ane a43sa, yg pake radeon 6730m. Nah ceritanya vga-nya rusak. Ane mau tanya, mending ganti vga ke asus center atau jual bangke-nya aja?? Sehubungan dgn biaya ama daya tahan setelahnya.. thanx

Leave a Reply

