Ekspedisi Ujung Kulon 2012

100_6681Kali ini perjalanan saya bukan lagi mendaki gunung, walaupun gunung adalah menjadi lokasi favorit saya untuk merenung atas  indahnya ciptaan Allah SWT. tetapi kali ini saya mencoba tantangan lain yaitu berlayar menuju pulau para badak yaitu Ujung Kulon. yup ..bersama ke 2 sahabat saya dan juga teman kuliah dari pasca sarjana UNJ (yaitu nui dan nasehudin) kami menuju salah satu pulau di Ujung kulon Jawa barat. Oh ya sebagai info kedua teman saya ini sama-sama mempunyai kapal ikan dan dengan kapal mereka inilah kami menuju pulau ujung kulon.

Sebelum ke pulau ujung kulon saya harus sampai ke  Pandenglang, disana kita akan memulai perjalanan dari pelabuhan Panimbang. Pelabuhan Panimbang ini saja sudh eksis sejak tahun 1411. Panimbang sendiri awalnya bernama “Phalimbham” bahkan dalam dalam peta dunia tahun 1553 M dibuat oleh Desellier atas permintaan Raja Henri II menyebutkanjuga adanya kota tua Phalimbham. Hingga saat ini, peta itu masih tersimpan rapih di Museum Kota Praja Dieppe. so pelabuhan ini sangat bersejarah.

peta ujungkulonPeta wilayah

100_6661Perahu penangkap ikan milik naseh yang akan dijadikan teman seperjalanan kami.

100_6665Perahu-perahu yang bersandar dipelabuhan Panimbang

100_6692Tampak bagang-bagang yang bertugas menjaring ikan, harganya kalau membuat sekitar 2,5 juta. berminat?

100_6720Makan malam di perahu.Untuk menuju salah satu pulau di ujung kulon seperti Handeleum perlu sekitar 6 sampai 8 jam dari pelabuhan Panimbang.

100_6727Setelah bermalam di kapal, paginya kita melanjutkan perjalanan.

100_6732Melanjutkan perjalanan, setalah semalam beristirahat. foto diambil diatas bagang. Ternyata enak juga kencing diatas bagang, dingin2 gimana gitu…

100_6751Sampailah di pulau Handeleum.

100_6777Hewan menjangan yang masih ada di salah satu pulau di Ujung Kulon.

100_6768berfoto di depan bangunan pulau Handeleum

100_6763Galangan Kapal di pualu Handeleum.

100_6813Hasil Ikan dimana kami membelinya dari para nelayan yang lewat

100_6821Setelah sehari semalam berlayar saatnya kita kembali ke pelabuhan Panimbang, dan pulang ke pelukan istri dan anak tercinta. he3x…

Yah begitulah perjalanan saya menuju salah satu Pulau Ujung Kulon Jawa barat. sayang ya saya gak ketemu badak bercula satu. mungkin mereka sedang rapat. demikian ekpedisi-ekspedisian saya mengunjungi destinasi travel Indonesia yang menawan.

ada yang mau kesana?

Salam Blogger

Posted on 03/12/2012, in Travelista. Bookmark the permalink. Leave a comment.