Perbandingkan buku pelajaran Matematika Kelas 4 antara tematik BSE 2013 dan BSE KTSP

bse1Kawan-kawan saya akan mencoba membandingkan beberapa penilaian saya tentang buku terbaru kurikulum tematik 2013 dengan buku BSE KTSP kelas 4, pada kali ini saya akan mengupas sedikit mata pelajaran Matematika. Karana saya bukan ahlinya maka saya akan perlihatkan beberapa foto yang terdapat dalam buku-buku tersebut sehingga rekan-rekan bisa membandingkan mana yang terbaik, walaupun kajian kecil ini belum bisa jadi ukuran dasar awal memutuskan sebuat keputusan mutlak tetapi setidaknya sebagai perbandingan kecil untuk evaluasi BSE kedepannya.

Pelajaran : Matematika

Kelas : 4 Semester 1

Bab : Operasi Hitung Bilangan

bse ktspbuku BSE KTSP

Rotation of IMG_20130713_005722Buku Pembelajaran Tematik Terpadu terbitan Esis

bse erlanggaBuku Tematik Terpadu terbitan Erlangga

Saya agak bingung setelah saya mendownload buku BSE resmi pemerintah, justru tema perhitungan bilangan bulat justru masuk ke submateri sudut. pada buku BSE pegangan guru tema awal yaitu tema “Keberagaman Budaya Bangsaku” malah justru fokus hanya pada pelajaran PPKn, IPS, SBdP, dan Bahasa Indonesia. Untuk Pelajaran matematika malah fokus pada sudut.

bse kur 2013 pegangan guruBuku BSE kurikulum 2013 pegangan guru

dan dibawah ini buku BSE kurikulum 2013 versi pemerintah pegangan untuk siswa

bse kurikulum 2013 pegangan siswaBuku BSE kurikulum 2013 versi pemerintah pegangan siswa

Kesimpulan

Pertama

Saya bingung kenapa Buku BSE versi Esis dan erlangga justru berbeda penempatan tema tematik pembelajaran, di Buku versi pemerintah bilangan bulut diawal-awal buku justru diwakilkan dengan materi sudut, baik kita lihat pada buku pegangan guru dan pegangan siswa. Kesamaan Buku BSE versi Esis dan erlangga justru ada kesamaan dengan buku KTSP lama yaitu penempatan materi hitung bilangan bulat. walau terlihat ketergesa-gesaan dalam menyampaikan materi. Bandingkan dengan buku BSE KTSP versi pemerintah yang sabar memulai pembukaan materi dengan memberikan identifikasi pelajaran.

Kedua

Perbedaan buku tematik kurikulum 2013 versi swasta dan pemerintah yang berbeda pada penaruhan standar kompetensi harus dicurigai sebagi bentuk ketidaktaatan penerbit swasta terhadap fokus tematik pebelajaran yang sudah digariskan pemerintah.

Ketiga

Ketergesa-gesaan materi matematika ini justru akan mempersulit proses analisis siswa dalam memahami konsep pembelajaran. walaupun kelas 4 ini diupayakan secara tematik. harus diingat pelajaran tematik pada hakekatnya menekankan pada siswa baik secara individual maupun kelompok untuk aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik. Guru serta buku harus membawa serta mengalirkan pemikiran siswa menuju konsep kesepahaman materi, dan bukan melakukan pelonatan drastis sebuah pembelajarn. jika ini yang terjadi maka akan tercipta ketidakmatangan peta konsep matematik siswa

Saya menyadari saya belum melakukan kajian semua mata pelajaran, semoga kesimpulan awal saya salah dari apa dugaan saya.

salam blogger,

ditulis sambil menunggu sahur romadhon…

Posted on 13/07/2013, in Education, evaluation and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

