Antara Hari TNI dan Kusni Kasdut

met TNIHari ini 5 Oktober 2013 tepat pada hari TNI ke 68, ditelivisi yang disiakan TVRI kita melihat begitu gagahnya para prajurit tentara kita dimulai angkatan Udara, Laut dan Darat. Belum lagi keluarnya beberapa alat perang yang canggih. Pada pertengahan 2012 saja TNI sudah dibanjiri alutista baru yang canggih, tersedia pula  puluhan MBT anyar Leopard bahkan pada latihan gabungan TNI tahun 2013 diprediksi diikuti 35.000 pasukan TNI, 80 KRI berbagai kelas, 40 jet tempur berbagai jenis, 50 heli tempur dan angkut,  40 MBT, 30 BMP3F, 50 Scorpion, 40 BTR-50, 10 BTR80, 10 RM Grad, 5 MLRS, 2 kapal selam dan berbagai alutsista baru lainnya.

Tetapi dibalik gemerlap para anggota dan para perwira TNI kita ada sebuah fenomena yang harus kita jadikan isu penting bagi seorang prajurit TNI yaitu egoisme  itu sendiri. beberapa kasus belakangan yang terjadi seperti bentrokan antar aparat :Penyerangan Mapolres Ogan Komering Ulu, adu tembak TNI vs polri diWilayah Sampit (Kalimantan Tengah), bentrok Anggota Kostrad dan Brimob di Gorontalo, lalu ada bentrok di Binjai, Sumatera Utara, antara Brimob dan Yonif Lintas Udara 100, dan terakhir bentrok personel TNI dan Polri di Atambua, NTT pada 10 Desember 2006

Belum lagi masalah ekonomi dan penghargaan para prajurit TNI, kasus LP Cebongan yang melibatkan oknum Kopasus banyak yang menilai bermulai dari pengamanan bisnis narkoba. ini bisa terjadi karena banyak kesejahteraan para prajurit kadang lebih rendah ketimbang para Jendral. mereka yang menjadi mesin perang di garda depan kadang tidak setimpal dengan apa yang didapat seharusnya. Sejauh ini keluhan seperti tunjangan, uang lauk pauk kadang begitu santer terdengar. seharusnya dengan anggaran alutsista yang besar, setidaknya berimbas pada kesejahteraan para prajurit.

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak para prajurit dengan pangkat rendah masih menjadi beking tempat hiburan malam, perjudian atau lokalisasi. bahkan di Padang, seorang prajurit Marinir berpangkat prajurit satu menjadi beking warung remang-remang.(merdeka.com). Bahkan tidak sedikit tentara yang menjadi pengaman disekolah-sekolah swasta, sungguh sebuah penghinaan kemampuan TNI itu sendiri.

Pemerintah pun sebenarnya sudah memberikan remunerasi bagi TNI. Selain itu ada kenaikan gaji walau tidak besar. Terhitung pada Februari 2012, untuk prajurit dua TNI atau Bhayangkara Polri dengan masa kerja 0 tahun sesuai PP No. 16/2012 dan PP No. 17/2012 gaji pokoknya adalah Rp 1.325.000 (sebelumnya Rp 1.230.000).
Sedangkan prajurit TNI dengan pangkat kopral kepala atau prajurit Polri dengan pangkat ajun brigadir polisi dengan masa kerja 32 tahun menerima gaji pokok sebesar Rp 2.365.600 (sebelumnya Rp 2.134.600).(meredeka.com)

Pertanyaannya apakah cukup biaya ini bagi seorang tentara dengan pangkat rendah untuk menghidupi makan keluarga, anak dan biaya pendidikan yang maksimal? tentu tidak. Karena selama ini yang menikmati hanyalah segelintir jendral dan perwira saja.

Kusni kasdut seharusnya menjadi contoh bagi fenomena ini mantan pejuang revolusi 45 yang akhirnya terbuang dari TNI setelah apa yang dia lakukan demi kemerdekaan Indonesia. himpitan ekonomi dan tak ada penghargaan sama sekali yang diberikan pemerintah dan pimpinan TNI ternyata membuat ia menjadi moster dan “balik kanan” menjadi seorang “robinhood”.

Apakah kita akan tetap mempertahankan masalah inis ehingga memunculkan kusni kasdut baru?

Hari TNI yang dilaksanakan hari ini semoga menjadi sebuah renungan bagi semua pemimpin negara Indonesia bahwa setegap-tegapnya tentara dan sehebat-hebatnya seorang tentara mereka juga punya masa depan yang harus diperhatikan…

Selamat hari TNI ke 68…semoga tetap jaya

Posted on 05/10/2013, in Politic. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: