Anda sudah mulai pusing dengan Kurikulum 2013? saya sudah

stresAneh nian kurikulum 2013 untuk jenjang SD ini, dengan durasi pencapaian tema dalam setiap pokok pembelajaran malah justru membuat para guru tidak bisa berkreatif atau bahkan sedikit bernafas…kenapa? karena beban tema yang terdiri dari beberapa subtema dan sub tema yang terdiri dari 6 pembelajaran justru membuat guru seperti robot yang harus dengan pasti dan cepat menyelesaikan target Pembelajaran. Bayangkan dikelas 1 saja ada 5 sub tema, artinya meraka harus menyelesaikan 30 pembelajaran.

belum lagi jika kita melihat dikelas tinggi. Saya akan beri contoh kelas 5 semester 1 dengan tema “Benda-benda dilingkungan sekitar”. Disana dalam PB 1 fokus pembelajaran tematik terdapat sekitar 14 halaman yang harus terbahas dalam satu hari .gilla pak men…!!! perlu diketahui semua saudara-saudara ku para guru dan walimurid. dalam kurtilas PB1 itu adalah target pembelajaran dalam satu pertemuan yang bisa diartikan harus tercapai dalam 1 hari,karena dalam tema 1 ada 3 subtema yang artinya ada 18 pertemuan yang harus diselesaikan. padahal dalam 1 hari bisa terdapat 3 atau 4 pembelajaran sekaligus dengan tingakt pembahasan yang berbeda. Biar lebih jelas saya akan capture PB 1 tema 1 kelas 5 semester 1 total ada 14 halaman…

1

2

kalau kita kelompokan dari gambar tersebut maka dalam satu hari pembelajaran atau PB1 maka kita akan belajar:

1. IPA tema Perubahan-perubahan alam sekitar

2. B. Ind tema pembahsan kosakata baku dan tidak baku

3. Matematika tema:

a. Pengenalan Pecahan

b. mengerjakan pecahan campuran menjadi biasa dan sebaliknya

c. Mengerjakan soal persen

d. pengenalan soal desimal

e. Perhitungan desimal dari penjumlahan sampai perkalian

f. Mengubah pecahan jadi desimal dan sebaliknya

g. pengerjaan nilai tempat desimal

h. mengerjakan soal perbandingan

what the fuck?!?!

Saudara-saudara sekalian ada 10 pembahasan tema dalam PB1 atau satu hari, mengerikan bukan…padahal di kurikulum sebelumnya utk matematika tema2 tersebut dibagi jadi sub bagian tertentu dalam waktu rentang 3 sampai 4 bulan. Tapi dikurtilas ini cuma harus dibahas dalam 1 hari. belum tentu anak2 kita yg naik kelas 5 dulu dikelas 4 nya top cer! lah kalau tidak? mau tidak mau guru harus mengevaluasi bahkan mungkin harus mengulang pengenalan dari awal.itu artinya banyak waktu terbuang dang dipastikan tidak akan terselesaikan dalam satu PB tersebut.  DAHSYAT BENAR kurikulum kita ini. belum lagi target penilaian 4 aspek yang harus juga dipenuhi. ini namanya suicide pendidikan Indonesia kalau masih dipertahankan.

sekali lagi pak ibu guru selamat berstres ria..

salam blogger…

Posted on 11/08/2014, in Education, renungan and tagged . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. kurikulum ngawur. guru sama murid kebingungan. mudah-mudahan ganti mentri, kurikulum 2013 dibuang

  2. agree,…….silabus seni budaya smp berbeda dengan buku siswa??? NGAWUR!!! mana yang harus di ikuti??? Herannya smua guru /sekolah mendukungnya! yang “salah” mungkin saya ….karena mereka enjoy dengan kurikulum 2013(seni budaya)

  3. ampun bener deh pelajaran sd sekarang. udah materinya berat dan aneh2 ditambah lagi setiap hari ada prakarya dan pr yang menumpuk. kapan istirahatnya……

  4. i’m a gree

  5. tanpa strategi efektif dalam mengajar, dengan kemampuan anak – anak yang berbeda, yang pinter harus kerja rodi supaya makin pinter, yang kemampuannya lemah bukannya semakin baik dan pintar malah makin bandel dan malas belajar, saya guru les anak – anak , saya terbiasa menangani keluhan anak anak, itu yang terjadi sekarang, mayoritas mereka bukannya merasa terbantu / tertolong menambah oengetahuannya tapi malah makin terbebani, mohon dievaluasi kembali. terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: