Raport K13 (Kontroversial 13) akhirnya keluar sudah…

1Sore ini saya mendapatkan sebuah berita dari rekan guru di sekolah bahwa pemerintah baru saja merilis aplikasi raport kurikulum 2013. Aplikasi raport sendiri bisa di download di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id . Dan benar saja akhirnya aplikasi ini benar-benar ada walaupun saya lihat masih banyak kekurangan disana-sini, antara lin model penilaian yang terlalu holistik , tidak simpel dan rigit. Selain itu aplikasi ini hanya bisa di install hanya pada komputer yang sudah terinstall dapodik.

Petunjuk penggunaan raport K13 versi pemerintah bisa di ambil disini:

Manual+Aplikasi+Rapor+SD

PANDUAN+INSTALASI+APLIKASI+RAPOR+SD

Panduan+Penambahan+Guru+Non+NUPTK

Tetap ke KTSP

Tetapi setidaknya raport K13 ini menjadi jawaban multitafsir raport k13 selama ini. Dimana banyak orang yang meraba-raba bagaimana bentuk asli penilaian K13 sehingga sampai di tunda pelaksanaanya. Bahkan akhirnya banyak pihak membuat rapor K13 menurut pemahaman mereka sendiri, inilah yang dikhawatirkan. tidak adanya keseragaman penilaian seluruh SD di Indonesia. Adanya Raport K13 juga bukan berarti Kurikulum K13 jalan terus karena saya mencatat banyak “lebay” penilaian disana-sini. sehingga semester 2 nanti semua sekolah wajib menggunakan KTSP , termasuk 2000-an sekolah yang dipaksa M.Nuh menggunakan K13. tidak ada istilah KTSP modifikasi k13 atau K13 modifikasi KTSP.

Kelemahan lain dari aplikasi ini adalah syarat memasukan data hanya dikomputer dapodik. terlihat pemerintah tidak berniat membuat penilaian yang “easy friendly” . Bagaimana kita mau mengerjakan raport jika julah komputer yang terhubung dengan dapodik hanya satu padahal guru ada 13 orang. Yang pasti terjadi komputer akan langsung di “OXL-kan”.

Langkah kembali keraport KTSP sudah tepat

Sudah sangat tepat jika @aniesbawesdan langsung melakukan perubahan kurikulum termasuk kembali ke KTSP. Tidak usah takut mengkonversi nilai K13 menjadi nilai KTSP. Saya pikir ini adalah keputusan yang tepat dan tidak perlu melakukan perlawanan sistematis seperti apa yang dilakukan M.Nuh terhadap sekolah-sekolah diJawa Timur. KTSP sendiri belum ada hasil evalusi akhir, penundaan K13 memang pasti memerlukan waktu yang panjang termasuk sistem penilaian, buku ajar dan filosofis fokus pembelajaran. Makanya siapapun yang tetap melanjutkan K13 dengan kondisi “naas” seperti sekarang ini bisa dibilang melakukan perlawanan kepada negara. Perlu dibina dan ditegur oleh kemendiknas.

intinya sambil kita menunggu aplikasi raport 2013 versi offline maka kita kembali ke format KTSP, karne abesok jum’at orang tua murid sudah antri ingin tahu perubahan apa yang terjadi pada anaknya.

Jangan biarkan anak kita, guru kita menjadi korban kebijakan rapot k13 yang kini patut disebut Kurikulum Kontroversial 2013 ini.

selamat mengambil raport

salam blogger

 

 

 

Posted on 17/12/2014, in Download, Education and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: