Mainan baru itu bernama Aquascape

aqGara-gara adek beli aquarium akhirnya kesengsem juga pengen beli, padahal sebelumnya gak pernah kebayang suka piara-piara ikan, hobinya kalau gak main futsal ya main game PC selingannya ya bikin soal. Setelah nggak sengaja ngecek harga aquarium di internet ternyata saya baru tahu bahwa memelihara ikan kini ada seninya yaitu bernama Aquascape. Ada kesenangan di hooby baru ini, yaitu aquarium pun punya kehidupan.

Setelah gugling sana sini akhirnya saya memutuskan datang ke pasar ikan hias bekasi didaerah rawalumbu. Karena ingin berhemat saya membeli aquarium kaca second dengan harga 50ribu. sebelumnya saya sudah menyiapakn desain apa yang perlu saya contek pada aquarium saya akhirnya saya pun membeli beberapa kebutuhan dalam aquascape saya tersebut, untuk membuat aquascape ada caranya loh yaitu antara lain:

1. Aquarium ukuran 40 x 30×30 cm (usahakan bahan kaca agar gampang membersihkannya kalau plastik gampang kusam)

aqu

2. Pupuk dasar (secukupnya saja) harga 5000/kg

cara-membuat-aquascape-2

3. Isi pasir Malang (usahakan setebal 5 cm atau lebih) sebelumnya usahakan bersihkan pasir malang sampai bersih. Boleh warna hitam atau putih, harga 5000/kg

cara-membuat-aquascape-34. Isi dengan desain batu atau kayu (akar pohon gunung) tujuannya agar eksotik saja, jangan kosongan , kasian ikannya

kayu

batu fosil

5. Filter kotoran air

setelah diisi air jangan lupa membeli filter pembersih air, silakan beli yang internal atau external. pembersih ini SANGAT penting agar aquarium tidak kotor, pengalaman pakai Filter aquarium cukup dua bulan sekali dibersihkan , itupun cukup diganti disisakan 10 % saja

filterfil in6. Lampu LED ( kalau gak ada pakai yang biasa saja)

fungsinya selain sebagai mempercatik pencahayaan aquarium tapi juga berfungsi sevagai sumber fotosintesis tanaman hidup aquascape

lampou

7.  Tanaman air – untuk lebih mempercantik aquascape carilah tanaman yang membuat kesan rumput (foregorund)

Hemianthus callitrichoides ”Cuba” dan Glossostigma Elatinoides setelah itu beli lagi yang tumbuhan tinggi lainya. saran kalau beli lebih baik dipsar ikan jatinegar 1000rb/ tiga biji

Glossostigma Elatinoides

Hemianthus callitrichoides ”Cuba”

8. isi ikan

Masak sudah beki aquarium gak diisi ikan…nyeleneh… apa saja ikan yang harus hadir diaquascape kita. Kalau di aquarium saya antara lain:

a. Ikan OB (maintenance fish)

ikan sapu-sapu hias, keong tanduk ,ikan ular dan udang mereka punya tugas masing-masing. ikan sapu makan lumut dan sisa makanan. Ikan ular hampir sama dengan ikan sapu-sapu. Udang akan memakan alga pada tumbuhan air dan keong tanduk akan memakan lumut.

sapu hias

Ikan sapu hias harga Rp 5000.ekor dijual di pasar ikan hias jatinegara. beli saja 2

Kuhli Loach

Kuhli Loach . ikan ular harga 8000/ekor cukup beli 2.

udang

Udang hias 5000/3 ekor, beli saja 5 atau 8

keong

Keong Tanduk harga 2k beli saja 3 atau 5 ekor

 

b. Ikan old school (ikan yang pecicilan)

african butterfly

Ikan african butterfly harga 5k beli 2 saja

ikan platy 03

Ikan Platy harga 3k/ekor beli 3 atau 2

setelah ikan masuk semua silakan nikmati pemandangan aquarium anda. hati-hati memilih ikan jangan sampai ikan yang dicapur saling memangsa

inilah aquascape yang menghiasi ruang tamu mungil saya

me1

Demikian artikel singkat ini, selamat mencoba taman bawah air anda sendiri

selamat mencoba

salam blogger

Posted on 28/01/2015, in Aquascape and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Glossostigma Elatinoides ,dimana jual,harga berapa gan..

  2. Gan, itu udangnya gk dimakan kah sama ikan yg gede2? dan apa ikan sapu2 nya gk ngerusah taneman2 nya? thanks gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: