Cara Mudah Memilih Sekolah Untuk Anak

sekolahSemester dua ini akan berakhir, bagi beberapa orangtua murid sisa bulan ini akan dijadikan ajang pencarian sekolah baru bagi buah hatinya baik yang akan pindah kejenjang baru atau justru memulai jenjang baru. Bagaimanakah cara cerdik memilih sekolah yang tepat bagi anak? berikut ulasan pribadi saya.Bagi para Ortu baru trik yang pertama adalah :

1. Sekolah Agama atau Sekolah Umum

Peningkatan sekolah Agama khususnya Sekolah Islam justru meningkat beberapa tahun belakangan ini. Kini sekolah swasta Islam tidak hanya didomisili oleh Alazhar atau pesantren trdisional tetapi belaknagan bermunculan SDIT atau SMPIT bahkan SMAIT baru dan dengan kualitas sangat baik. Jika anak anda ingin diperkuat dengan ilmu agama maka sekolah agama cocok bagi Anda. Resikonya biaya bisa lebih mahal ketimbang sekolah Umum.

2. Jarak Sekolah

Jangan sampai karena bagus tetapi mengorbankan jarak tempuh, kemacetan dan biaya transportasi jadi kendala. Ojek atau mobil jemputan bisa jadi alternatif. Cari yang dekat dan berkualitas baik. sehingga ketelatan bisa diminimalisir. Menurut saya standar jarak dibawah 7 Km masih layak.

3. Terakreditasi atau tidak

Sayangkan ..jika sekolah bagus tetapi malah belum terakreditasi, jangan2 murid kita sampai kelas 6 atau lulus belum punya NISN, NIS dll. cek apakah A, B, C atau bad School. Ujung-ujungnya anak anda tidak diakui negara.

4. Lihat Sekolahnya

Kalau di Web atau brosur pasti gambar dan iming-iming pastilah bagus, maka tengok lah calon sekolah si buah hati, kalau bagus dan cocok sesuai brosur maka lanjutkan. Tapi kalau sempit dan anak jadi sulit bergerak maka pikir ulang. Lihat juga ruang kelas, standar nasional sebuah ruangan adalah lebih dari 7×8 m. Dengan jumlah siswa dibawah 22 orang. Kalau kelebihan siswa padahal kelas sempit bahaya bisa tarik menarik O2. lihat juga taman bermain, kantin, parkir, ruang guru, lap bola, dan pastinya lingkungan sekitar. jangan2 disampingnya ada sekolah “bandel”  yang punya ekskul tawuran 2 minggu sekali.

5. Ngobrol lah dengan Kepsek atau gurunya

Wawancara singkat dengan guru juga penting, apakah ada keanehan atau keganjilan disekolah tersebut ? atau bagi sekolah agama apakah sekolah tersebut punya doktrin aliran tertentu yang ada disekolah tersebut. Lihat pakaian guru-gurunya , penampilan mereka disekolah dll. Ingat kecermatan sangat penting.

6. Tanya Walimurid yang sudah sekolah disana

Pepatah “walimurid adalah iklan yang manjur” sangat beralasan. Dengan bertanya kepada walimurid ttg sekolah anaknya bisa saja terbuka ada masalah apa yang terjadi di sekolah tersebut. jangan sampai kita jadi bagian  atas konflik yang berlangsung berlarut-larut disekolah tersebut baik masalah rebutan harta warisan , hak asuh sekolah, gaji guru, yayasan yang mata duitan , banyaknya guru yang keluar secara serentak atau kepsek yang tidak profesional. Intinya tanya kejelekan dan kebagusan sekolah tersebut.

7. Terakhir adalah Dana

Cek apakah sekolah tersebut sesuai dengan kondisi keuangan anda, kalau cocok lanjutkan kalau tidak sesuai ? ya jangan paksakan. Tetapi kini ada uang muka sekolah yang bisa diangsur seperti kredit motor.

demikian tips memilih sekolah dari saya semoga berguna,

semoga anda menemukan sekolah idaman ..

salam blogger

Posted on 04/04/2015, in tips and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: