Membangun Aquarium Laut Sederhana Dirumah

aqu1Setelah agak bosan mempunyai aquarium air tawar dirumah, kayaknya seru juga kalau membuat Aquarium laut, namanya laki-laki pastilah harus punya “mainan”. Dan karena hobby saya Snorkling-an dilaut jadi pengen rasanya punya taman alam bawah laut dirumah. Setidaknya seneng pulang ke rumah karena ada ada yang enak dilihat selain istri cantik yang solehah dan anak yang imut. Bayangkan kalau pulang kerumah liat istri belom mandi en bau balsem trus anak ileran plus ingusan… lengkap deh…dah ah..

Berikut ini langkah-langkah membangun aquarium air laut versi ane simak ya.

1. Aquarium .

Saya menggunakan aquarium merek GEX ukuran 60 cm volume 57 liter harga Rp 120.000,-

aq1

kardusnya doang merek Vosso padahal mah GEX

2. Skimmer

Skimmer ini wajib dan jantungnya aquarium air laut, tujuannya Skimmer ini adalah untuk memisahkan bahan padat yang larut dalam air dengan cara pengapungan gelembung. kalau kita sering kepantai kadang kita melihat ada buih yang terdampar dipantai dan ada kotoran yang larut disana.

Saya membeli Skimmer merek Resun dengan harga Rp 99.000,-

skimmer

skim

Akan muncul buih melewati pori skimmer.

3. Filter

Untuk urusan filter gantung saya masih ngefans sama Filter Gantung merek JEBO seri 503. Tujuan filter adalah membuang kotoran akuarium dan di serap di spoon filter. walau banyak penghobis aquarium laut lebih suka menggunakan sistem sump. Tapi level kayak saya yang murah-murah saja. Filter ini saya beli seharga Rp 100.000,-

jebo1

filter4. Pasir laut

Belilah pasir laut di toko ikan hias laut, karena ukuran tank 60cm beli lah sekitar 5 kg lalu taburkan kedalam aquarium. harga 2 kg pasir Rp 15.000,-

pasir

5. Live rock atau Dead Rock

Ini hanya istilah saja untuk karang. Adanya karang hidup sebetulnya sebagai rumah bagi ikan nantinya. karena karang hidup agak mahal beli saja karang mati lalu susunlah sedemikian rupa. Membedakan dead rock dan live rock adalah dari warna. Warna ungu dan kemerah-merahan menandakan karang dalam keadaan hidup.  Saya membeli karang mati ini seharga Rp 15.000 /bongkahan.

karang16. Air laut

Setelah dipasang semua baik Skimmer, Filter selanjutnya masukan air laut dan jangan dimasukan ikan dulu. Diamkan selama lebih dari 1 minggu. Kalau kata sepuh2 aquarium laut istilahnya “Cycling”. Tujuannya agar Aquarium membentuk kehidupan sendiri. Cirinya air laut sudah cycling adalah bermunculan kutu2 air. Saya membeli air laut 1 galoon seharga Rp 10.000, untuk aquarium 60 cm butuh sekitar 3 galoon.

cycling

hydrometer

Hydrometer merek Resun harga Rp 50.000,-

Sebelumnya cek dulu air lautnya menggunakan alat bernama Hydrometer.

Celupkan air laut kedalamnya sampai penuh. Jika ternyata air laut menunjukan salinity diatas 1024 maka air lautnya terlalu asin, hal ini bisa menyebabkan ikan dan koral cepat mati. Karena kandungan garam yang cocok untuk aquarium laut adalah antara 1021 s/d 1024 atau 28 s/d 32 (ditunjukan pada bagian warna putih).

 

Jika masih terlalu tinggi maka kurangi air laut 10 % dan masukan air mineral (aq*a atau V*t) . Aduk lalu cek lagi dengan hydrometer. sampai menunjukan salinity sesuai. kalau sudah sesuai maka aquarium ready untuk dimasukkan ikan. Tetapi jika kurang asin maka air laut bisa ditambah garam batu khusus lalu masukan ke air laut.

7. Lampu neon

Untuk memperindah belilah lampu celup khusus aquarium. Tapi walau celup jangan dicelupkan ke air karena akan membuat suhu aquarium jadi panas. Ingat standar suhu air aquarium adalah antara 28-22 derajat cercius. Beli yang warna biru merek Vosso. harga Rp 31.000,- taruhlah melintang diatas aquarium. Jika ingin lebih bagus belilah LED khusus aquarium laut tapi harganya yah lumayan mahal.

vosso8. Ikan laut

Setelah cycling selesai maka mulailah pilih jenis ikan yang akan menjadi penghuni aquarium. Pilihlah yang mudah dipelihara. Membeli ikan hias laut bisa dibeli di Pasar ikan Jatinegara Jakarta (satu toko), Raden Intan Jakarta (satu toko), Sumenep -Jakarta (banyak toko) dan Rawalumbu- Bekasi (satu toko). Berikut ikan yang ada di aquarium saya yaitu:

a. Ikan jabing pasir (OB Fish)

jabingikan ini senang bersembunyi dipasir, dan memakan sisa makanan ikan. tuh kan jadi ob. Harga Rp 15.000

b. Ikan Nemo (ikan Anemon)

Ikan baik hati ini mudah di pelihara, selama air sudah menunjukan proses yang baik.  harga Rp 5.000 – 15.000,-/ekor

nemoc. Ikan Balong (Clown Fish)

Ikan yang masih satu keluarga dengan nemo ini punya ukuran besar dan agresif. Jangan isi dua balong dalam satu aquarium ya. harga Rp 20.000-30.000/perekor  ukuran besar

balongd. Betok ekor kuning

Ikan ini agak agresif tapi enak dilihat karena pecicilan (old School) harga murah Rp 5.000-7.000,-/ekor

Blue, Yellow Tail Damsel (Chrysiptera parasema)

Blue, Yellow Tail Damsel
(Chrysiptera parasema)

e. Ikan Zebra 4 strip

Ikan zebra ini juga cukup agresif tapi masih takut sama seniornya (betok ekor kuning). harga murah Rp 5000,-

zebraf. Bicolar Angel Fish

Ikan cantik ini juga agresif dan tidak takut akan dominasi si Balong. Harga Rp 20.000- RP 30.000/ekor

bicolar angel fishg. Bintang laut merah

Bintang laut ini jadi mempercantik aquarium karena cerah warnanya, harga Rp 20.000,-. udang laut juga perlu seperti udang laut atau udang merah putih. dia berfungsi sebagai doktor ikan…kerenkan?

starfish

h. Udang MP (merah putih)

udang ini saya beli di jatinegara seharga Rp 30.000, selain jadi preman dia juga jadi pembersih bagi whitespot

udnag mp9. Makanan ikan Laut

Agar mereka tidak kelaparan, ada 2 alternatif makanan yang bisa diberikan yaitu serbuk Pelet seharga Rp 20.000,- dan Udang beku seharga Rp 7.000,-. Ingat kasih makan 1 hari 2 kali , kalau saya pagi jam 6 sebelum berangkat kerja dan jam 5 sore secukupnya saja.

10. Perawatan aquarium

a. Ganti air laut 2 bulan sekali , itupun hanya 1/4 aquarium saja.

b. Jika air laut berkurang cukup kasih air mineral (catat ya- air mineral tuh contohnya kayak aqua,VIT dll) why? karena walau air laut berkurang karena penguapan tapi kadar garam tidak berkurang. Tambah isi pake aqua atau Vit karena airnya tidak mengandung kaporit.

c. Bersihkan kotoran aquarium dengan magnet ajaib harga Rp 20.000

magnet

d. Siapkan obat anti white Spot

Obat ini digunakan jika ternyata ikan terkena penyakit white Spot (bintik putih) pada tubuh ikan. virus ini cukup bahaya karena banyak memakan korban jiwa ikan. Nama obatnya “Efficient white powder” merek Badun, saya beli di pasar ikan Jatinegara seharga 35rb. cukup diteteskan seukuran setengah sendoh teh kecil kedalam aquarium ukuran seperti saya.

obat

e. Cek suhu aquarium dengan termometer celup harga Rp 15.000,- usahakan suhu 28-20 derajat celcius . jika terlalu panas matikan lampu dan nyalakan kipas angin dekat dengan aquarium atau nyalakan AC, kalau banyak dana belilah Chiller (harganya ? astagfirullah)

termometer akuarium11. Coral hidup

bagi pecinta tanaman laut bisa membeli coral hidup seperti anemon, karang jeruk, kolang kaling dsb. kalau saya hanya punya karang jeruk. harganya Rp 20.000,-

karang jerukKarena harga coral astagfirullah mahal banget jadi saya gak terlalu suka koleksi. Apalagi kalau air jelek maka dia cepet mati. Kalau koral atau terumbu ini mati maka air bisa keruh bewarna kuning. Rencananya niat mau beli karpet Anemon di Jatinegara, tapi harga muahal banget.

nah kalau sudah jadi maka nikmati aquarium bawah laut anda sendiri. Jaga baik-baik. Tapi jangan lupakan anak istri

aqu1 aqu2

Gimana tetarik? yuk kita bangun aquarium taman bawah laut kita sendiri.

Salam Blogger

 

 

Posted on 07/05/2015, in Aquascape and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. artilel ditulisnya kpn bang?

  2. artikel di atas
    ditulisnya kpn bang?

  3. Jeki Desiati

    Jadi sangat cerah.. udh lm maen tawar monyoba laut jiper..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: