Maha guru itu guru TK loh !

kindergarten-happy-kids-their-teacher-44632181Lama tidak menulis rasanya agak deg-degan, tapi menulis itu “wajib” kudu dilakukan biar gak nganggur didepan leptop. Kali ini saya akan berbicara profesi saya sendiri ya guru, profesi yang dianggap sakral bagi negara India, profesi yang dianggap absolute tidak nisbi karena profesi ini seseorang dapat mengubah manusia, mendidik manusia, membentuk karakter. Ibarat bengkel, guru ini seperti tukang service.

Kadang guru bisa sangat manis semanis figur Robin william di film Dead Poets Society tapi kadang guru juga bisa menyeramkan seperti pasukan Tjakrabirawa (kebanyakn nonton film 1 okt neh) ketika menculik para Jendral. Tapi kawan tahukah anda siapa guru yang paling dianggap Maha guru? menurut pengetahuan saya yang awam ini. guru yang levelnya tingkat “dewa” adalah guru TK, lho bukan dosen a.k.a profesor toh? yang setiap maju tesis selalu di oret-oret (pengalaman pribadi).

Kenapa TK ? apa kalian tidak tahu guru TK itu profesi multi talented , dimana semua kegiatan pembelajaran harus dikuasai bahkan hal-hal yang bersifat extreem , seperti menceboki anak yang ditengah pelajaran cepirit tanpa di kontrol, bahkan ia rela menyuapi beberapa siswa yang belum mampu makan siang sendiri. sabar membantu menulis huruf, bernyanyi, goyang-goyang gaje ditengah anak bahkan rela suka hati mengantar anak sampai didepan gerbang sekolah. Ditengah beban pekerjaan yang hampir tidak beda dengan ibu rumah tangga itu kadang ia juga harus menerima cacian dan kritikan dari wali murid yang kadang sedikit sok tahu..apalagi kalau kritikan lewat masuk geng “MAHMUD” (mamah-mamah muda) dan atau MAHMUD ABBAS (mamah mamah muda anak baru satu) atau istilah PISAN TUKMIS  (papah istri satu tapi nanti kalau udah kaya manambah satu lagi) halah !

Hebatnya walau dengan semua masukan baik yang positif atau negatif kita melihat tingkat kesabaran yang luar biasa tulus dari guru TK ini. semua metode ia lakukan demi setiap siswa mampu mengetahui hal-hal mendasar yang perlu ia ketahui. makanya bagi para jombloman sebetulnya guru TK ini masuk daftar teratas mahluk yang musti dikawini soalnya anak orang aja di cebokin apalagi anak sendiri … halah!

Makanya kadang saya tertawa melihat guru-guru dilevel jenjang atas seperti guru SD, SMP dsb yang kadang punya sifat begitu manja, baru anak didiknya gak bisa diem gak bisa nulis gak bisa baca langsung di label autis, bahkan kadang sampai di label anarkis. Kemarin saja di papua ada anak gak ngerjain soal ,palanya di silet-silet pake cuter..(bu itu kepala bukan kedebong pisang)… guru kok sadis emen. Butuh proses yang panjang dan alat evaluator yang mumpuni untuk mendiagnosis perkembangan anak.

jarene guru tapi kok yo gitu mas? mbuh !

Guru juga dibekali banyak ilmu dasar yang harus tumbuh dan berkembang loh jangan kira guru itu hanya sebuah robot yang melihat siswa hanya dari buku-buku teks book, ya tafsir-tafsir ahli pendidikan dari  timur dan barat yo musti dikuasi , tidak bisa “majeglek”. lihat loh bu pak guru banyak banget metode pengajaran yang bisa dipakai seperti : Numbered Heads Together, Cooperative Script (Dansereau Cs 1985), Student Teams- Achievement Divisions (Stad), Jigsaw -Model Tim Ahli (Aronssn – Braney – Stephen – Sikes – And Snapp 1978), Problem Based Introduction (Pbi) Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Artikulasi, Mind Mapping, Make – A Match – Mencari Pasangan (Lorna Curran 1994), Think Pir And Share, Debate, Role Playing, Group Investigation- Sharan 1992, Talking Stick, Bertukar Pasangan, Snowball Throwing Dll. kalau udah segitu banyak cara ngajar masih ngambek juga..mending jadi debt collector saja lah sana.

Makanya sifat kemanjaan guru harus bisa diminimalisir, ya karena tugas guru untuk bersama mengubah murid agar lebih baik, jika dibandingkan dengan guru TK ya kita ndak ada apa-apanya rek! situ mau nyebokin anak kelas 3. yang ada malah jadi pelecahan seksual.

Semakin jenjang keatas maka tanggung jawab guru juga mulai berubah, dari mulai membantu mengajarkan membaca, menulis, membantu mengucapkan suku kata sampai mampu menginspirasi sesuatu. guru juga harus cerdas dalam memprediksi, tidak selamanya anak nakal dimasa depan menjadi tetap nakal atau juga sebaliknya, bagi kita semua anak adalah baik, semua anak pasti punya masa depan yang cerah. Lah muridku yang dulu kelas 4 saja nuakal banget en sangat  **** tiap kudu hari di nasehatin …lah kemarin saya dapat kabar sekarang dia kuliah di Fikom Unibraw Malang jalur SPMB… josh le!

Hal ini yang kadang mulai pudar dari guru-guru kita, Kita sebagai guru kadang terlalu cepat memvonis, terlalu cepat melabel, terlalu cepat berputus asa..(padahal kalau urusan duit justru lebih cepat wkwkw). setidaknya kita harus banyak belajar kepada guru-guru TK yang tingat kesabarannya sudah selevel maha guru.

salam blogger

bangfajar

 

 

Posted on 01/10/2015, in Education. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: