Pembahasan Soal UKG untuk SD (bag 1) versi bangfajar

images (1)Di artikel ini ane akan share sedikit pembahasan soal UKG dan jawabannya (versi saya), sekali lagi versi saya, jika terjadi kesalahan maka bukan tanggung jawab saya. simak ya

1.Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .

jawab

Inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada) sebelumnya dan sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam bidang pendidikan di karang oleh Santoso S Hamijoyo ; 1974…*gak penting banget soal, mana ada yg hapal tokoh ginian..kalau syaiful jamil kita baru hafal

2. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali…

Jawab : Argumentasi…pendapat

3. Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah …

jawab: Anak memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.

4. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah …

jawab : menurut • Paulson, (1991) tujuan utama portofolio adalah mengumpulkan hasil karya siswa

5.Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .

jawab : Tahap pengembalian keputusan (decision making)

6. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap .

jawab : Evaluation

Tahapan yang dilakukan dalam rangka mengadopsi inovasi, termasuk inovasi pendidikan adalah sebagai berikut :

  1. design, tahap perencanaan
  2. awareness-interest, yaitu tahap komunikasi untuk penyadaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi yang ditawarkan.
  3. evaluation, yaitu melakukan kajian atau evaluasi terhadap kemungkinan pro kontra, ataupun kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak.
  4. trial, yaitu ujicoba produk inovasi

7. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup di bawah ini!
(1) Interaksi antara kupu-kupu dengan bunga
(2) Ikan remora dengan ikan hiu
(3) Burung jalak dengan kerbau
(4) Benalu pada tumbuhan inangnya
Hubungan yang menunjukkan simbiosis mutualisme adalah ….

jawab : simbiosis mutualisme adalah hubungan antar mahluk hidup yang saling menguntungkan

1 dan 3

8. Rekomendasi untuk judul adalah…

jawab: 10-12 kata

9. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian…

jawab: Abstrak

10. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .

jawab:  Knowledge

Berikut ini adalah tahapan dari model proses keputusan inovasi, yaitu :

  1. Tahap Pengetahuan (Knowledge)

Pada tahap ini inovator melakukan analisis terhadap kekuatan, kelemahan, tantanngan dan peluang yang dimiliki lembaga pendidikan. Selain itu juga mengkaji teori, studi pustaka, studi regulasi untuk memperkuat kegiatan inovasi yang dilakukan.  Langkah berikutnya adalah

  1. Tahap bujukan (persuation)

Setelah model program inovasi disusun maka langkah berikutnya adalah meyakinkan orang lain tentang kontribusi program inovasi yang dibuat terhadap kemajuan pendidikan. Bentuk  kegiatan yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah presentasi, sosialisasi dan pendekatan atau lobi.

  1. Tahap pengambilan keputusan (decision making)

Pengambilan keputusan harus melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan pengembangan pendidikan dan pihak-pihak yang peduli terhadap kemajuan pendidikan.

  1. Tahap Implementasi (implementation)

Tahap implementasi merupakan tahap pelaksanaan inovasi pendidikan yang telah direncanakan sebelumnya. Keberhasilan pelaksanaan inovasi ditentukan oleh komitmen pelaku inovasi untuk melaksanakan kegiatan inovasi sesuai dengan rencana yang disusun.

  1. Tahap Konfirmasi (confirmation)

Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program inovasi maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi dilakukan secara komprehensif  terhadap semua komponen program inovasi. Hasil evaluasi dijadikan bahan acuan untuk membuat program tindak lanjut dari kegiatan inovasi yang dilakukan

11. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .

jawab: Restructuring

Dalam kaitannya dengan kontribusi inovasi pendidikan, Huberman seperti dikutip Ishak Abdulhak (2000) membagi sifat perubahan dalam inovasi ke dalam enam kelompok yaitu :

  1. Penggantian (substation)
  2. Perubahan (alternation)
  3. Penambahan (addition)
  4. penyusunan kembali (restructuring)
  5. Penghapusan (elimination)
  6. Penguatan (reinforcement)

12. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .

jawab : Heterofil

Saluran komunikasi dapatr diklasifikasikan kedalam 2 hal yaitu : ( a ) komunikasi homofil ( b ) komunikasi heterofil

a. Komunikasi Homofil
Komunikasi homofil adalah proses komunikasi yang dilakukan oleh dua individu atau kelompok yang kategorinya memiliki kesamaan atau sama lain. Hasil komunikasi ini dapat diperoleh saling pengertian yag mendalam antara keduanya. Dengan kata lain, suatu komunikasi akan efektif mana kala terjadi antara dua kelompok atau individu yang dikategorikan memiliki kesamaan satu sama lain atau yang biasanya disebut sebagai komunikasi homofil. Komunikasi ini jauh lebih efektif ketimbang dilakukan dengan komunikasi yang lain pada masyarakat yang heterogen atau beragam latar belakang budaya atau pun cirri lainnya.

b. Komunikasi Heterofil
Komunikasi heterofil yaitu proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, dimana pengerim pesan dan penerima pesanmemiliki latar belakang yang berbeda, baik dilihat dari sosial budaya, pendidikan, agama atau karateristik sosial lainnya. Komunikasi yang dilakukan secara heterofil tidak akan berjalan dengan baik karena adanya perbedaan latar belakang.

 

bersambung gan…

Posted on 09/10/2015, in Education. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Pupus Damayanti

    mana lagi bang…..???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: