Soal-Soal Seputar Kurikulum 2013

99940Capek membahas soal UKG yang belum tentu keluar, padahal bagian saya ujian besok kamis (12/11). Deg degan juga sih…tapi yah santai aja…pasti semua soal ada jawabannya, walaupun kita gak tahu jawabannya (ya iyalah…). Berikut ini adalah soal lama Pedagogik post test K13 bagi guru SD. saya kerjakan dengan pengetahuan seadaanya ya..semoga berguna…dan keluar besok di UKG ..amin… 1. Elemen perubahan mendasar pada Kurikulum 2013 terletak pada standar kelulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Elemen perubahan pada standar penilaian di SD adalah …. *

(A) berbasis tes, menilai proses dan hasil dengan menggunakan authentic assessment, rapor memuat data kuantitatif tentang sikap, pengetahuan, dan keterampilan

(B) berbasis tes, menilai proses dan hasil dengan menggunakan authentic assessment, rapor memuat data deskriptif kualitaif tentang sikap, pengetahuan, dan keterampilan

(C) berbasis tes dan nontes, menilai proses dan hasil dengan menggunakan authentic assessment, rapor memuat data deskriptif kualitatif tentang sikap, pengetahuan, dan keterampilan

(D) berbasis tes dan nontes, menilai proses dan hasil dengan menggunakan authentic assessment, rapor memuat data kuantitatif tentang sikap, pengetahuan dan keterampilan

jawab:

  1. Pada standar isi terdapat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Ada empat aspek Kompetensi Inti yang harus dijabarkan dalam Kompetensi Dasar. Berikut ini yang sesuai dengan Kompetensi Inti 3 adalah …. *

(A) memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

(B) menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak alat transportasi dengan menggunakan tabel dan grafik.

(C) menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok.

(D) menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.

jawab:

  1. Pada kegiatan pembelajaran, guru memberi tugas kepada siswa membaca cerita teks petualangan tentang lingkungan dan berdiskusi kelompok untuk memecahkan masalah. KD yang sesuai untuk kegiatan pembelajaran di atas, adalah… *

(A) KD: memiliki kepeduian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

(B) KD: meresapi makna anugrah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan

(C) KD: menyajikan teks cerita petualang tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku

(D) KD: menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru

jawab:

  1. Berikut ini contoh kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan KD 1.2 “menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha esa di lingkungan rumah dan sekolah”. *

(A) Dalam kegiatan pembelajaran guru memberi tugas pada siswa untuk menuliskan arti doa sebelum belajar.

(B) Dalam kegiatan pembelajaran guru memberi tugas pada siswa menceritakan kebiasaan berdoa dalam keluarga.

(C) Sebelum kegiatan pembelajaran, guru mengajak siswa berdoa menurut agamanya masing-masing.

(D) Dalam kegiatan pembelajaran guru memperlihatkan gambar-gambar rumah ibadah berbagai agama di Indonesia.

jawab:

  1. Berikut ini salah satu kegiatan yang sesuai untuk mencapai KD 3.1 Mengenal simbol-simbol Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”. *

(A) Menjelaskan makna simbol-simbol pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

(B) Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.

(C) Memasangkan gambar simbol-simbol sila dalam Pancasila.

(D) Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

jawab:

  1. Contoh penerapan pembelajaran inovatif yang tepat untuk menjelaskan konsep erosi dengan cara…. *

(A) guru menyiapkan beberapa foto/ gambar erosi untuk diamati siswa

(B) guru menugaskan siswa berdiskusi tentang erosi

(C) guru menjelaskan definisi erosi dari buku

(D) guru menyiapkan beberapa bahan untuk menerangkan konsep erosi kemudian dipraktikkan oleh siswa

jawab:

  1. Guru memulai pembelajaran dengan cara mengajak siswa untuk mengamati lingkungan sekitar sekolah, lalu siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang diamati di lingkungan sekolah. Selanjutnya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan sekitar sekolah. Siswa mengolah berbagai informasi, dan melaporkan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Proses pembelajaran di atas menerapkan pendekatan saintifik. Manakah proses pembelajaran yang termasuk tahapan menalar? *

(A) Bertanya jawab dengan guru tentang lingkungan sekitar.

(B) Mengolah informasi tentang lingkungan sekitar.

(C) Melaporkan hasil diskusi di depan kelas.

(D) Mengamati lingkungan sekitar.

jawab:

  1. Pembelajaran tematik bisa menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Hal ini sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik bahwa penyajian pembelajaran memadukan berbagai muatan pembelajaran sehingga pengaturan jadwal …. *

(A) perumusan tujuan pembelajaran telah memuat keterpaduan pelajaran

(B) pembelajaran meliputi berbagai muatan materi dari mata pelajaran yang akan disajikan

(C) kegiatan pembelajaran memuat konsep beberapa mata pelajaran tertentu

(D) materi pembelajaran memuat konsep dari beberapa mata pelajaran tertentu

jawab:

  1. Pendekatan saintifik yang diadopsi di dalam Kurikulum 2013 merujuk pada konsep Psikologi Belajar Bruner. Salah satu aktivitas pembelajaran yang dilakukan adalah “mengamati”. Berikut ini beberapa contoh kegiatan mengamati, kecuali …. *

(A) meraba permukaan benda untuk bisa menentukan halus atau kasar

(B) mencicipi makanan untuk menentukan bahan yang diperlukan

(C) mencium bau makanan untuk menentukan namanya

(D) menjelaskan manfaat makanan bagi kesehatan

jawab:

  1. Jika KD-nya adalah menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman, manakah penilaian yang relevan yang menunjukkan keautentikan? *

(A) Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

(B) Membaca dan menulis laporan pengamatan yang menuntut pemahaman yang di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang keberadaan orang, benda dan sesuatu.

(C) Observasi terhadap tindakan siswa untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, dan responnya, ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.

(D) Simulasi dan/atau bermain peran dalam melakukan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.

jawab:

  1. Komponen mengkomunikasikan pada contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu ditunjukan pada kegiatan…. *

(A) peserta didik mencermati bacaan tentang identitas suku bangsa,untuk menentukan dan menulis gagasan pokok yang ada di dalam teks bacaan.

(B) peserta didik membandingkan gagasan pokok yang ditemukan sendiri dengan gagasan-gagasan pokok yang ditulis oleh teman di kelompok lain secara mandiri.

(C) peserta didik memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam untuk kehidupan masyarakat.

(D) peserta didik membuat laporan hasil diskusi tentang persebaran sumber daya alam hayati, nonhayati  dan menyajikannya dalambentuk tulis dan atau lisan.

jawab:

  1. Menurut Permendikbud nomor 81A, aspek sikap spiritual dan sikap sosial tidak perlu dijabarkan dalam indikator. Namun mengingat bahwa guru tetap harus melakukan penilaian sikap dalam proses pembelajaran, maka aspek sikap dituliskan pada tujuan pembelajaran. Perumusan tujuan pembelajaran yang dimaksud adalah sebagai berikut, kecuali …. *

(A) melalui pengamatan gambar, siswa dapat membedakan nama-nama anggota tubuh dengan teliti.

(B) melalui kegiatan bercerita, siswa dapat menjelaskan cara merawat anggota tubuh dengan bahasa yang santun.

(C) melalui membaca buku, siswa dapat menjelaskan fungsi anggota tubuh dengan tepat.

(D) melalui kegiatan menyanyi lagu “dua mata saya”, siswa dapat menirukan pola irama lagu dengan percaya diri.

  1. Indikator yang tepat diturunkan dari kompetensi dasar (3.1.) memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya pada tema “Makanan sehat dan bergizi” adalah sebagai berikut ini, kecuali …. *

(A) menyebutkan berbagai jenis makanan yang sesuai dengan gizi seimbang

(B) menceritakan pengaruh geografis terhadap mata pencaharian manusia

(C) menjelaskan berbagai jenis makanan yang sesuai dengan gizi seimbang

(D) mengidentifikasikan jenis makanan yang sesuai dengan gizi seimbang

  1. Buku guru dan buku siswa ada keterkaitan yang dapat dideteksi dengan adanya…. *

(A) informasi tentang media dan alat pelajaran serta langkah-langkah pembelajaran disesuaikan dengan buku siswa.

(B) tujuan pembelajaran pada buku guru, yang dapat membantu guru mengetahui target pembelajaran dan kompetensi yang dikuasai siswa

(C) buku guru meliputi teknik dan format penilaian dan cara melakukan dijelaskan pada buku guru, sehingga memudahkan guru memberikan skor pada buku siswa.

(D) aktivitas yang ada pada buku siswa , dipandu cara melakukan pembelajarannya lebih detail pada buku guru

  1. Di atas disajikan contoh tampilan pada fitur “Ayo Lakukan” (Klik Link dibawah ini) sesuai dengan penggalan buku di atas diharapkan guru melakukan pengkondisian kelas untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang mengarah pada pendekatan saintifik. Maka guru akan menugaskan siswa untuk…. *

https://sites.google.com/site/seksievaluasip4tkipa/pelatihan-kurikulum-2013/pretest/u.jpg

(A) melakukan diskusi kelompok, mengidentifikasi percakapan dan teks percakapan oleh setiap kelompok menulis dan menceritakan keadaan rumah dalam buku dengan santun.

(B) mengamati kegiatan anak di rumah bersama orang tua dan dapat ditambahkan dengan mengidentifikasi kebiasan merapikan rumah.

(C) mengidentifikasi materi sesuai dengan Kompetensi Dasar , melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah pada mata pelajaran PPKN

(D) melakukan penilaian melalui unjuk kerja dengan cara mendeskripsikan, menceritakan, dan bermain peran tentang Keadaan Rumah

  1. Sesuai penggalan buku soal no 15 , urutan penyajian materi yang sesuai adalah berikut ini. *

(A) Siswa berdiskusi untuk menuliskan pengalaman merapikan rumah.

(B) Siswa berdiskusi tentang bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan guru

(C) Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan bermain peran, melalui kegiatan kelompok untuk menampilkan permainannya.

(D) Siswa berpasangan sesuai arahan guru. Mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya masing-masing dan ditulis dalam laporan secara mandiri

  1. Pengalaman belajar siswa yang sesuai dengan penggalan buku di atas (Klik Link dibawah ini) dan sesuai dengan KD 4.1 “ Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya” dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila, adalah sebagai berikut. *

https://sites.google.com/site/seksievaluasip4tkipa/pelatihan-kurikulum-2013/pretest/i.jpg

(A) Menunjukkan cara berdoa,dan bercerita cara berdoa

(B) Bersyukur terhadap Tuhan YME, dan menyebutkan salah satu sila Pancasila

(C) Menpresentasikan  contoh pengamalan sila pertama Pancasila , menceritakan pengalaman saat beribadah bersama keluarga.

(D) Menceritakan cara berdoa yang benar, memiliki rasa syukur kepada Tuhan YME

  1. Berdasarkan penggalan buku di atas, untuk KD 4.1 . Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila , aktivitas pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru adalah sebagai berikut. *

(A) Meminta siswa bertanya jawab mengidentifikasi kebiasaan baik yang dilakukan teman sebangkunya yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.

(B) Meminta siswa berdiskusi dengan orang tua tentang kebiasaan baik di keluarga yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.

(C) Mengajak siswa membaca teks, memperagakan cara berdoa, tanya jawab cara bersyukur pada Tuhan YME

(D) Mengamati gambar rumah ibadah, memperagakan cara berdoa, dan diskusi tentang pengamalan sila pertama Pancasila.

  1. Berikut ini penggalan dari buku siswa (Klik Link dibawah ini) Pengalaman belajar yang dimiliki siswa setelah selesai mengerjakan tugas tersebut adalah sebagai berikut. *

https://sites.google.com/site/seksievaluasip4tkipa/pelatihan-kurikulum-2013/pretest/jj.jpg

(A) Mengidentifikasi foto yang dilakukan pada musim kemarau dan membuat bingkai foto dengan menggunakan teknik cetak.

(B) Menggunakan buah atau pelepah pisang untuk membuat hiasan bingkai foto dengan menggunakan teknik cetak.

(C) Ketelitian, kerapihan dan mandiri dalam membuat bingkai foto dengan menggunakan teknik cetak.

(D) Bekerja sama dalam memilih foto dan membuat bingkai foto dengan menggunakan teknik cetak

  1. Jika kita bandingkan kesenjangan kurikulum pada kondisi saat ini dan kondisi ideal aspek pengelolaan kurikulum, manakah pernyataan di bawah ini yang benar? *

(A) Kondisi saat ini sifat pembelajaran yang berorientasi pada buku teks, sementara kondisi idealnya sifat pembelajaran yang kontekstual

(B) Kondisi saat ini pemerintah menyiapkan semua komponen kurikulum sampai buku teks dan pedoman, sementara kondisi idealnya pemerintah hanya menyiapkan stantar isi sampai mata pelajaran

(C) Kondisi saat ini satuan pendidikan mempunyai kebebasan dalam pengelola pendidikan, sementara kondisi idealnya pemerintah pusat dan daerah mempunyai kendali kualitas dalam pelaksanaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan.

(D) Kondisi saat ini tes menjadi penilaian yang dominan, sementara kondisi idealnya penilaian tes dan portofolio saling melengkapi

  1. Kegiatan yang mengutamakan sudut pandang kolaboratif dalam pembelajaran abad ke- 21 dapat dilakukan melalui aktivitas berikut ini. *

(A) Diskusi kelompok kecil, membahas  dan menyimpulkan.

(B) Berdiskusi dengan melibatkan teman-teman bermainnya.

(C) Bersama-sama teman-temannya melakukan pembahasan.

(D) Melakukan  kegiatan karyawisata untuk mengamati apa yang dipelajari.

  1. Memiliki perilaku santun dapat diimplementasikan dalam kegiatan di bawah ini. *

(A) Memperkenalkan diri.

(B) Membuat bunga dari bahan bekas pakai.

(C) Menggambar lingkungan rumahku.

(D) Membaca buku.

  1. Pada pemahaman materi mengenal berbagai suku bangsa di Indonesia, kompetensii minimal yang harus dikasai oleh siswa adalah …. *

(A) mengenali seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia

(B) mengenal suku bangsa yang ada di provinsinya

(C) mengidentifikasi suku bangsa yang ada di keluarganya

(D) mengenal suku bangsa yang terdapat di desanya

  1. Pengembangan materi pembelajaran yang diturunkan dari Kompetensi Dasar (3.1.) memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya, adalah sebagai berikut, kecuali …. *

(A) Berbagai pekerjaan di lingkungan sekitar

(B) Gemar berolahraga

(C) Lingkunganku bersih dan sehat

(D) Budaya bangsaku

  1. Berikut ini makna dari pernyataan “Buku siswa maupun buku guru merupakan standar minimal” *

(A) Buku siswa bukan satu-satunya sumber belajar dalam pembelajaran.

(B) Buku siswa satu satunya bahan dalam kegiatan pembelajaran tematik.

(C) Guru  mengajarkan materi sesuai dengan apa yang ada pada buku siswa.

(D) Buku siswa sebagai salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki sekolah.

  1. Pada buku siswa terdapat materi ajar berupa contoh beberapa makanan khas daerah, maka langkah guru dalam mengajarkannya adalah sebagai berikut. *

(A) Menjelaskan jenis dan cara membuat makanan sesuai materi yang ada pada buku.

(B) Mengidentifikasi bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makanan yang ada pada buku

(C) Terlebih dahulu memberi contoh makanan khas daerahnya sendiri, kemudian menerangkan materi yang ada pada buku

(D) Materi pada buku menjadi materi pokok, dan jenis makanan khas daerah menjadi materi pengayaan

  1. Pada saat mengajarkan materi berbagai pekerjaan di lingkungan, guru bisa menerapkan pembelajaran berbasis proyek, dengan cara …. *

(A) menenrukan nara sumber, membuat daftar pertanyaan, melakukan wawancara, membuat laporan hasil wawancara

(B) guru menugaskan siswa menjelaskan pekerjaan orang tuanya

(C) mendiskusikan berbagai pekerjaan yang ada di lingkungan

(D) membandingkan contoh pekerjaan yang ada pda buku dengan berbagai pekerjaan di lingkungan

  1. “ Membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, model dan berbagi tugas dengan teman” merupakan penjabaran dari salah satu sintak model belajar berbasis masalah adalah …. *

(A) orientasi siswa kepada masalah

(B) membimbing penyelidikan individu dan kelompok

(C) menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

(D) mengembangkan dan menyajikan  hasil karya

  1. Dengan melakukan observasi cuaca selama tujuh hari, siswa dapat mendeskripsikan tabel pengamatan cuaca dengan tepat dan sesuai waktu pengamatan. Tujuan tersebut merepresentasikan indicator berikut ini. *

(A) Membaca isi tabel  dan menuliskan isinya.

(B) Membuat tabel pengamatan cuaca selama tujuh hari.

(C) Mengidentifikasi perbedaan cuaca siang dan malam secara tertulis.

(D) Menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan simbol cuaca

  1. Siswa memperhatikan guru menguraikan kata dan menuliskannya di papan tulis: pangkal: pang – kal, p – a – ng – k – a – l dan menyapu: me – nya – pu, m – e – n – y – a – p – u. Kegiatan tersebut adalah…. *

(A) mengamati dan mencoba

(B) mengamati dan menulis

(C) mengamati dan menalar

(D) mengamati dan mengomunikasikan

  1. Kompetensi dasar “menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman”, maka teknik penilaian yang tepat dilakukan pada saat siswa …. *

(A) membaca  buku

(B) melakukan kegiatan diskusi

(C) melakukan pengamatan gambar

(D) membuat kegiatan merangkum

  1. Berikut ini adalah rumusan tujuan pembelajaran SBdP dengan mengamati sumber belajar siswa dapat menggambar sebuah peralatan yang digunakan orang ketika bekerja sesuai cita-citanya dengan ekspresif Di bawah ini intrumen penilaian keterampilan yang tepat kecuali…. *

(A) gambarlah sebuah peralatan yang digunakan orang untuk  bekerja!

(B) buatlah sketsa gambar sebuah peralatan yang digunakan orang untuk  bekerja!

(C) susunlah berbagai gambar peralatan yang digunakan orang untuk bekerja sehingga terbentuk gambar yang serasi dan indah!

(D) diskripsikan sebuah gambar  peralatan yang digunakan orang untuk  bekerja!

  1. Berikut ini adalah tes sikap : (a) Setiap pembelajaran berlangsung saya secara aktif selalu mengajukan pertanyaan, (b) Saya mengikuti pelajaran dengan penuh tanggung jawab dan (c) Saya melaksanakan tugas dengan tepat waktu. Identifikasi penilaian diri siswa secara urut menunjukkan sikap…. *

(A) rasa ingin tahu, tanggung jawab dan disiplin

(B) aktif, disiplin, mandiri dan percaya diri

(C) tanggung jawab, disiplin, dan kreatif

(D) rasa ingin tahu, kreatif dan tanggungjawab

  1. Berikut ini yag merupakan contoh tes uraian terbatas *

(A) Jelaskan pengertian koperasi!

(B) Jelaskan hak anggota  koperasi!

(C) Jelaskan pengertian koperasi menurut  pendapat Mohamad Hatta!

(D) Jelaskan kewajiban anggota koperasi!

  1. Format instrumen tersebut adalah contoh format penilaian (Klik Link dibawah ini)… *

https://sites.google.com/site/seksievaluasip4tkipa/pelatihan-kurikulum-2013/pretest/ut2.jpg

(A) teman sejawat

(B) proyek

(C) penilaian diri

(D) catatan anekdot

  1. Perhatikan data penilaian sikap di bawah ini (Klik Link dibawah ini): Berdasarkan tabel di atas, maka hasil penilaian Arya, Doni dan Lovi dapat didiskripsikan sebagai berikut …. *

https://sites.google.com/site/seksievaluasip4tkipa/pelatihan-kurikulum-2013/post-test/dr4.jpg

(A) Arya terbiasa berdoa sebelum aktivitas tetapi masih perlu ditingkatkan dalam hal perilaku bersyukur.

(B) Arya terbiasa berdoa sebelum memulai aktivitas, Doni terbiasa berperilaku bersyukur dan Lovi terbiasa khusuk dalam berdoa

(C) Lovi terbiasa khusuk dalam berdoa tetapi masih perlu ditingkatkan dalam hal berdoa sebelum memulai aktivitas.

(D) Arya terbiasa khusuk dalam berdoa, Doni terbiasa berperilaku bersyukur dan Lovi terbiasa khusuk dalam berdoa

  1. Perhatikan data berikut ini: (Klik Link dibawah ini), Deskripsi laporan hasil belajar yang sesuai dengan data di atas adalah berikut ini. *

https://sites.google.com/site/seksievaluasip4tkipa/pelatihan-kurikulum-2013/post-test/dr5.jpg

(A) Nauval sangat baik dalam sikap tanggungjawab; Iin takut berbicara di depan kelas

(B) Nauval selalu mengerjakan tugas dan Iin takut berbicara di depan kelas

(C) Nauval sangat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya; Iin selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugasnya namun perlu ditingkatkan rasa percaya dirinya terutama dalam hal berbicara di depan kelas

(D) Nauval sudah menunjukkan perilaku yang baik dalam hal disiplin, santun dan percaya diri; Iin sangat disiplin namun perlu ditingkatkan rasa percaya dirinya

  1. Perhatikan beberapa aspek penilaian berikut ini : 1. Kerjasama 2. Runtut 3. Menghargai 4. Ekspresi 5. Santun *

Aspek penilaian yang sesuai untuk kegiatan laporan hasil diskusi adalah ….

(A) 2, 4, 5

(B) 1, 2, 3

(C)  2, 3, 4

(D) 3, 4, 5

  1. Pada kegiatan pembelajaran membuat karya tiga dimensi dari bahan bekas pakai/daur ulang, maka penilaian dilakukan pada saat siswa …. *

(A) memilih bahan bekas pakai

(B) membuat karya dari bahan bekas pakai

(C) membuat dan mempresentasikan karya

(D) merancang karya, membuat karya dan mempresentasikan karya

  1. Apabila terdapat data penilaian 86 untuk kompetensi membuat laporan dalam bahasa tulis, maka data tersebut dapat dideskripsikan menjadi …. *

(A) siswa cukup mahir dalam membuat laporan secara tertulis

(B) siswa perlu bimbingan dalam membuat laporan secara tertulis

(C) siswa sangat mahir dalam menyusun laporan secara tertulis

(D) siswa mahir dalam membuat laporan secara tertulis

Bottom of Form

Posted on 10/11/2015, in Education. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: