Resensi Buku “TEACHER GUIDEBOOK” Untuk Guru Yang Anti Mainstream

Judul Buku : TEACHER GUIDEBOOK  (Untuk Guru Yang Anti Mainstream)
Pengarang : Bang Fajar

Ilustrator : Bahroen Sidiq
Penerbit : Lovrinz
Jumlah Halaman : 228 Halaman

ISBN : 978 602 6652 51 5

Terbit : Ramadhan Juni 2017

Harga : Rp 39.500,-

Awalnya ide membuat buku ini adalah  kumpulan artikel ilmiah pendidikan, dimana didalamnya merupakan hasil pengalaman penulis selama 12 tahun mengajar, tetapi entah mengapa tiba2 pada suatu malam tepat 3 purnama setelah harga Tarif Dasar Listrik  naik sebuah “teriakan” memaksa mengubah jalan artikel menjadi sebuah frase komik komedi.

 

Mengapa 70% komik? Ya karena penulis melihat cara ini adalah cara popular untuk mengajak para pembaca yang rata-rata para guru or calon guru tidak lagi berkutat dengan buku-buku teks pendidikan yang biasanya di dominasi afjad seakan-akan mereka menari-nari dan mengajak bobo manis di ruang baca.

 

Didalam buku yang beralur “maju mundur cantik cantik” (jangan dinadain bro) ini bercerita tentang sekelumit panduan menjadi seorang guru di mulai sejak mahasiswa sampai menjadi seorang guru yang bertangan dingin, lengkap dengan tips seputar menangani anak didik dari yang alim sampai yang brutal. Termasuk menghadapi tipe-tipe teman sejawat yang kadang tidak seperti kita bayangkan dari mulai teman yang gaje sampai yang berkepribadian janda eh ganda (ini buku komedi apa horror sih?).

 

Intinya, nih buku sangat cocok di baca bagi para mahasiswa baru FKIP or PGSD, dan yang pastinya para guru yang sudah terlanjur jadi guru baik karena keikhlasan atau gegara terjerembab, kepaduk, disumpahin, warisan atau karma gegara dulu sering ngatain gurunya .

 

Walaupun tidak tertutup kemungkinan bagi pembaca non guru untuk memborong buku ini, soalnya penulis juga menceritakan seputar jenis-jenis walimurid dikacamata para guru loh! nah.

 

Sebagai penutup agar para guru dan calon guru tidak tersesat di dalam blantika dunia per-guruan yang sangat khas Ngindonesia makanya penulis membuat karya ini. Dan semoga buku ini menjadi panduan yang agak “manis manis radikal” sehingga gak boleh lepas dari genggaman tangan seorang guru. Waduh !

 

Ya terakhir kelebihan buku ini insya Allah bagus deh

Ya kekurangan nya jangan Tanya yah!

 

 

Bangfajar

Jatikramat, 9 Juni 2017

Advertisements

Posted on 09/06/2017, in Education and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: