Mengkunci Cell Excel Tertentu dengan Password ala bangfajar

Bagi kawan2 semua yang seneng bikin aplikasi excel pasti pengen dong aplikasinya gak dibajak orang lain, selain itu kita juga gak ingin ada rumus atau link yang sudah kita buat jadi acak2an rumusnya gara2 ada user yang maen del sembarangan. nah ane kasih tips walaupun ini bukan tip yg pertama dibuat …misak ya eh simak …

Langkah 1

Pastikan sudah memastikan bagian cell mana yang akan di proteksi atau tidak diproteksi dengan password. kalian bisa melihat contoh tampilan yg sdh ane buat dibawah ini

langkah 2

Blok bagian cell yang ingin kita bisa edit, nah ketika cell ini kita proteksi maka bagian cell lain tidak bisa di edit alias kita proteksi … misal kita blok O4 s.d O11. Setelah itu Klik kanan pilih Format Cell.

Langkah 3

Setelah pilih Format Cell . Hilangkan tanda Chekclist lalu pilih OK

Langkah 4

Selanjutnya masih mengeblok cel O4 s.d O11 kemudian pilih Review > Protect sheet dan pastikan beri centang hanya pada :

  1. Protect worksheet and bla bla bla 
  2. Select Locked Cell
  3. Select Unlocked Cell

Jangan lupa beri password jika suatu hari kamu butuh untuk mengedit lagi. diinget2 ya passwordnya. Selanjutnya klik OK

 

langkah 5

Tulis kembali password yang sama dengan sebelumnya , kemudian klik Ok lagi gan

Langkah 6

Jadi deh ..sekarang cell O4 s.d O11 bisa kita ganti2 tapi cell yg lain gak bisa diganti …orang lain yg memakai aplikasi kita juga gak bisa tahu cara membuka passwordnya.

demikian semoga berguna.

salam Blogger

 

 

Posted on 29/04/2019, in Computer and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: