Category Archives: evaluation

Aplikasi Analisis Butir Soal PG, Kisi Soal, Kartu Soal Versi 3.0

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua kawan guru ataupun dosen dimanapun berada yang sudah mendownload aplikasi buatan saya, saya akui memang ada beberapa kekurangan dari aplikasi yg versi lama, terima kasih juga masukan dan kritikan rumus yang kurang sesuai. Read the rest of this entry

Perbandingkan buku pelajaran Matematika Kelas 4 antara tematik BSE 2013 dan BSE KTSP

bse1Kawan-kawan saya akan mencoba membandingkan beberapa penilaian saya tentang buku terbaru kurikulum tematik 2013 dengan buku BSE KTSP kelas 4, pada kali ini saya akan mengupas sedikit mata pelajaran Matematika. Karana saya bukan ahlinya maka saya akan perlihatkan beberapa foto yang terdapat dalam buku-buku tersebut sehingga rekan-rekan bisa membandingkan mana yang terbaik, walaupun kajian kecil ini belum bisa jadi ukuran dasar awal memutuskan sebuat keputusan mutlak tetapi setidaknya sebagai perbandingan kecil untuk evaluasi BSE kedepannya.

Read the rest of this entry

Kurikulum 2013 vs Realita Guru Indonesia ; Sebuah Kritik untuk masa depan Pendidikan Indonesia

kurPendidikan memang harus berubah itulah mungkin yang menjadi perdebatan para ahli pendidikan dan pemerintah yang akhirnya menyatakan bahwa kurikulum 2006  telah gagal membawa negara lebih baik dibidang pendidikan. Untuk itulah pemerintah kini sedang menggodok kurikulum 2013 yang bakal menjadi pengganti kurikulum sebelumnya. Sejak kurikulum 2006 dimulai ternyata  kasus  demi tetap datang bergelombang, dari mulai materi yang terlalu padat, buku pelajaran yang diseragamkan, dan kemampuan guru yang lemah dalam implementasikan kurikulum tersebut. Belum lagi masalah moral yang belum berhenti seperti tawuran pelajar, bullying, contekan masal. Ditambah lagi dengan rendahnya sistem pengelolaan pendidikan ditingkat lokal, dimana pendidikan menjadi praktik jual beli, penyelewangan dana BOS, pemalakan sekolah oleh oknum UPTD, pengawas dan praktik jual beli jabatan kepala sekolah.

Read the rest of this entry

Pentingnya Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran

active-learningKali ini saya akan membahas bagaimana pentingnya salah satu teori belajar untuk mendongkrak kemampuan matematik logik siswa dalam pengaruhnya dipembelajaran. ya salahsatu teori belajar tersebut adalah teori belajar Kontruktivisme. teori ini sendiri dikembangkan oleh vygotsky. Teori konstruktivisme sendiri adalah salah satu dari banyak teori belajar yang telah didesain dalam pelaksanaan pembelajaran termasuk turut serta dalam pengembangan kurikulum berkharakter yang kini menjadi tren di topik pendidikan Indonesia saat ini. Read the rest of this entry

Ketika cobaan itu bernama UN

Ibarat sebuah paradoks, seseorang akan dianggap manusiawi ketika diuji dengan ujian yang setara dengan kemampuan dirinya. Tetapi sayang tidak banyak orang yang mampu melewati ujian ini dengan baik yang ada justru hilangnya batas nalar kesadaran atas kenyataan dirirnya sebagai manusia. inilah yang persis terjadi ketika profesi guru bertemu sebuah ujian bernama Ujian Nasional. Ujian nasional yang sebetulnya adalah sebuah indikator dari evaluasi output siswa dianggap sebagai sebuah ujian yang “maha dahsyat”, ujian yang juga dimaknai sebagai sebuah pertaruhan akan harga diri dan nama baik sekolah, sebagai bentuk pencitraan atas eksistensi sebuah sekolah dimata warga publik sekitar.

Read the rest of this entry

Pembuatan Analisis Butir Soal

Berbicara mengenai pembuatan soal harus dikaitkan dengan melakukan tahapan akhir, yaitu membuat analisis butir soal. dikebanyakan guru-guru di Indonesia kadang tahapan ini tidak dilakukan. Bahkan bagi sekolah swasta yang sudah membeli alat scan untuk soal pilihan ganda, kadang saja tidak bisa menterjemahkan hasil analisi butir soalnya, ironis memang.

Analisis butir soal kadang sangat diperlukan jika butir soal mengandung data statistik yang “baik”, “baik” disini dmaksudkan bahwa soal tidak bisa dijawab betul semua oleh peserta dan tidak boleh dijawab salah semua oleh peserta. bukan itu saja masih banyak ketentuan lain dikatakan soal itu dikatakan baik dan bisa digunakan kembali.

Artikel kali ini akan banyak membicarakan cara-cara pembuatan analisis soal termasuk statistik yang digunakan sebagai penentuan soal tersebut dikatakan valid atau tidak, kawan-kawan semua selamat menyimak.

Read the rest of this entry

Sebuah Karya Tulis ilmiah …

Beberapa minggu lalu ane diminta ikut dalam lomba guru yang diadakan didaerah Bekasi. yah dari pada gak ada yang ikut terpaksalah ane ikut. pingin sekalian ngelihat gimana sih rasanya lomba guru gitu. Disyarat lomba setiap peserta diminta membuat karya tulis singkat yang ilmiah (untung gak herbal). So malam sebelum lomba ane geber tuh karya ilmiah.

Yah walaupun gatot alias gagal total tidak masuk pemenang. setidaknya ada tulisan ilmiah yang bisa ane share ke temen2 semua. judulnya adalah bagaimana memuat model pembelajaran dengan open source Moodle agar guru2 pada jadi pada profesional dan sekolah jadi cerdas. so dari pada kelamaa silakan deh nih baca tulisan ane yang gak herbal banget ini.

Read the rest of this entry

Proyek gagal bernama RSBI, anda masih berminat?

Saya masih ingat sekali beberapa rapat-rapat yang saya lalui bersama rekan-rekan guru disekolah saya tempat mengajar, bahwa jika ada siswa yang berhasil masuk RSBI maka itu adalah sebuah kebanggan yang patut dirayakan, untuk itu disiapkanlah beberapa program – program untuk mendukung hal tersebut. Bahkan hal ini menjadi target yayasan sekolah yang seharusnya lebih cermat dalam memahami sejarah program RSBI sejak awal.

“Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) itu bak mahluk Yeti.” demikian kata seorang konsultan RSBI pada sebuah simposium sekolah bertaraf internasional yg diadakan oleh British Council di Hotel Atlet Century Jakarta pada 9 Maret 2011 yg lalu.

Read the rest of this entry

Teknik penulisan butir soal

Beberapa teman guru masih banyak yang mengeluhkan bagaimana cara membuat butir soal yang baik dan benar, hal ini wajar karena sebagian kutub pendidikan  baik gugus, PGRI atau UPTD kadang tidak mempedulikan hal mendasar bagi guru ini. Pada artikel ini saya akan mecoba menjelaskan alur pembuatan sampai proses pembuatan soal, mudah-mudahan hal ini berguna bagi guru-guru semua, selamat menyimak.

Read the rest of this entry

Sekali lagi tentang UN…

 Perdebatan mengenai Ujian Nasional (UN) sebenarnya sudah terjadi saat kebijakan tersebut mulai digulirkan pada tahun ajaran 2002/2003. UN atau pada awalnya bernama Ujian Akhir Nasional (UAN) menjadi pengganti kebijakan Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (Ebtanas). Hanya, sementara Ebtanas berlaku pada semua level sekolah, UN hanya pada sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP), madrasah tsanawiyah (MTs), sekolah menengah umum (SMU), madrasah aliyah (MA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK). Untuk sekolah dasar (SD), sekolah dasar luar biasa (SDLB), sekolah luar biasa setingkat SD (SLB), dan madrasah ibtidaiyah (MI), Ebtanas diganti dengan ujian akhir sekolah.

Read the rest of this entry

Pentingnya Psikologi Pendidikan Bagi Guru

Saya yakin sebagian kita (para guru) mempunyai kenangan disekolah, baik yang  indah ataupun kenangan buruk (horor). Saya sendiri mempunyai kenangan yang tidak baik dengan bekas guru kesenian  waktu saya masih duduk disekolah dasar, waktu itu saya di maki-maki habis-habiskan olehnya karena memegang pundak beliau, Waktu itu saya berusaha untuk akrab, tetapi namanya juga anak kecil tidak tahu apa-apa, hal itu dianggap tabu oleh beliau sehingga keluarlah kata-kata yang pedas tersebut. Ternyata kejadian itu sangat membekas di hati saya dan menjadi masa lalu yang kurang menyenangkan. Kini setelah menjadi guru saya menyadari bahwa pentingnya sebuah ilmu Psikologi pendidikan sebagai cabang dari ilmu sosial untuk menghadapi beberapak karakter anak didik sehingga tidak terjadinya distorsi dalam pengajaran dan mengurangi terjadinya kekerasan dalam siswa yang dilakukan seorang guru. Tulisan berikut ini akan mengkaji tentang pentingnya psikologi pendidikan ditiap diri individul guru.

Read the rest of this entry

Guru memperindah kelas? itu kewajiban!!

Ini mungkin sifatnya sepele, ya menghias kelas atau memperindah kelas. Banyak sebagian guru-guru di negara bekas jajahan Belanda ini acuh tak acuh dengan kelasnya sendiri, guru (apalagi wali kelas) harusnya menganggap kelas yang dia tempati ibarat rumah keduanya setelah dirumah. Ini diharapkan agar siswa yang diajarkan harus dibuat dalam zona nyaman dalam proses pembelajaran, sehingga nantinya diharapkan terjadinya situasi kondusif dan hasil akhir yang positif.  Kawan-kawan artikel singkat ini akan menjelaskan secara teori bahwa memperindah kelas itu adalah hal yang tidak bisa dilepaskan sebagai tanggung jawab guru dalam proses pengajaran. So selamat menyimak …

Read the rest of this entry

Download Administrasi Pendidikan agar dianggap hebat oleh supervisor (pengawas)

Hal ini kadang terjadi oleh banyak guru, tiba2 SMS berdering dan isinya menyatakan bahwa minggu depan akan dilaksanakan supervisi klinis (entah namanya apa). yang terbayang dibenak guru saat itu akan terjadi sidak besar-besaran, bahkan melibatkan unsur UPTD, kepolisiaan bahkan sampai kejaksaan, bagi guru yang tidak memenuhi ketentuan administrsi pendidikan maka akan ‘digulingkan” segera atau bagi PNS akan dimutasi di hutan2 terdekat pedalaman freeport.

Read the rest of this entry

Pertanyaan seputar Psikologi pendidikan

Kali ini saya akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam diskusi-diskusi mengenai psikologi pendidikan, yang erat kaitannya dengan proses pembelajaran guru dilapangan. Bukannya mau menggurui, kebetulan pertanyaan ini di ampu oleh dosen saya ibu DR Unifah Rosyidi (thanks bu berkat ibu saya lebih merasa “lebih”).

Read the rest of this entry

Menggabungkan Penilaian Afektif dan Kognitif menjadi satu, bolehkah?

Artikel ini saya buat sebagai sebuah pertanyaan seorang kawan yang menanyakan, bolehkah ranah penilaian afektif dijadikan satu (penggabungan ) nilai dengan penilaian kognitif serta psikomotor?. pertanyaan ini cukup menarik karena biasanya teori yang dikembangkan Bloom ini dijadikan format terpisah, dan tidak seharusnya digabung mengingat secara dasar teori dan filosofis keilmuan saja sudah berbeda, baik yang digunakan dalam format penilaian KTSP atau penilaian yang lainnya. Baiklah dibawah ini akan saya coba jelaskan dan paparkan mengapa penilaian afektif dan kognitif tidak boleh digabungkan menjadi satu penilaian.

Read the rest of this entry

Sejarah Evaluasi Program

Bagaimanapun juga Evaluasi program menjadi menjadi salah satu bagian terpenting dalam hal menjalankan program, Ketidakhadirannya sebuah evaluasi program dalam pendidikan menjadikan terjadinya karatisasi program itu sendiri, Bagi pendidik ataupun kepala pemangku kebijakan jangan takut dengan terjadinya pengkritisan evaluasi program karena pada intinya semua ini dilakukan untuk mencapai pendidikan yang lebih baik dan bermutu.

Read the rest of this entry

9 pertanyaan seputar organisasi

Kali ini saya akan memberikan jawaban-jawaban umum yang sering dipertanyakan dalam hal berorganisasi. yang dirangku dari berbagai sumber, mudah-mudahan membantu rekan-rekan semua

 

Read the rest of this entry

Pentingnya Kurikulum untuk di Evaluasi

Evaluasi merupakan bagian dari sistem manajemen yaitu perencanaan, organisasi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Kurikulum juga dirancang dari tahap perencanaan, organisasi kemudian pelaksanaan dan akhirnya monitoring dan evaluasi. Tanpa evaluasi, maka tidak akan mengetahui bagaimana kondisi kurikulum tersebut dalam rancangan, pelaksanaan serta hasilnya. Tulisan ini akan membahas mengenai pengertian evaluasi kurikulum, pentingnya evaluasi kurikulum dan masalah yang dihadapi dalam melaksanakan  evaluasi kurikulum. Maka itu janganlah takut jika perubahan kurikulum akan terjadi sebab adanya evaluasi kurikulum sebenarnya ingin menjadikan hasil semakin lebih baik Read the rest of this entry

Otak yang begitu luar biasa

Dalam buku yang berjudul “Staying Young” (Muda Sepanjang Hidup) karangan Dr. Oz (dokter yang terkenal di Oprah Winfrey Show) dikatakan bahwa di dalam kromosom memiliki topi kecil di bagian ujung yang disebut telomer, yang menyerupai ujung plastik kecil tali sepatu. Setiap kali sel bereproduksi, ukuran telomer menjadi lebih pendek, seperti ujung tali sepatu yang usang. Kita memerlukan telomerase untuk menata ulang topi tersebut. Telomer di sini adalah hormon yang menjaga supaya sel membelah dengan baik. Telomer memiliki fungsi yang mirip dengan ujung tali sepatu.

Read the rest of this entry

Penilaian Psikomotorik Bagi Siswa

Banyak pengajar yang tidak bisa melakukan penilaian yang berbeda dari biasanya. Justru penilaian guru dikelas acapkali hanya melihat dari hasil ujian semata . Hal ini dianggap tidak adil bagi sebagian siswa dan para peneliti pendidikan karena akhirnya guru melepas begitu saja penilaian bagi siswa yang mempunyai kecakapan psikomotorik. tulisan ini ditujukan agar guru mampu melakukan penilaian baik afektif, kognitif maupun psikomotor.

Read the rest of this entry