Membersihkan RAM untuk mengatasi Restart berulang

Bagi pengguna Laptop atau CPU mungkin sering mengalami komputer tiba-tiba tidak mau restart, atau lampu power menyala tapi kemudian mati kembali dan terus-terusan seperti itu. Banyak tukang servis mengatakan hal tersebut dikarenakan VGA motherbord yang rusak atau power yang rusak. Acer service sendiri mengatakan bahwa butuh 2 bulan untuk servis. Ketika mencoba mencari info kesana-dan kesini ternyata faktor utama hal tersebut bisa dikarenakan RAM yang kotor atau debu yang menempel di kipas Hetsink yang kotor, nah untuk petolongan pertama pada laptop seperti kasus diatas maka RAM dan heatsink harus dibersihkan dahulu, modalnya hanya satu = yaitu “nekat”. berikut cara pembersihannya:

Dibawah ini akan saya tutorkan cara membersihkan RAM secara sendiri.

Langkah pertama.

Siapkan Obeng dan pengapusan



Langkah kedua

Buka bagian belakang laptop dengan  obeng

Langkah ke tiga

Maka akan terlihat bagian-bagian laptop . selanjutnya fokuskan pada RAM yang ada dibagian tengah. (perlu diingat tidak semua laptop mempunya posisi yang sama untuk dudukan RAM , HD dan kipas)

Selanjutnya cabut (angkat )pelan-pelan RAM dengan terlebih dahulu menggeser alumunium yang menjepit bagian RAM ke arah luar.

Langkah ke empat

Bersihkan RAM menggunakan penghapus (Yay ! keren)

Bersihkan secukupnya. dengan mengesekan penghapus kearah ats dan bawah. Setelah selesai kembalikan RAM ketempat semula. (jangan sampai terbalik)

Langkah Kelima

Jangan lupa membersihkan debu-debu pada kipas laptop. Usapkan pembersih dengan pelan tapi pasti.

Selanjutnya kembalikan tutup laptop bagian belakang ketempat semula. dan kembali kencangkan mur, dan nyalakan laptop kembali. pada kasus laptop saya hal ini berhasil (padahal sudah diminta 2 juta untuk biaya servis acer dan 500rb jika di servis di sarang laptop BCP). Semoga rekan-rekan semua juga berhasil.

Salam Blogger. semoga bermanfaat

Posted on 31/05/2012, in Computer and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. jos jos jos

  2. sangat bermanfaat… sukses bang fajar…

  3. m.choiruddin

    Thanks gan ,, ternyata ram saya kotor ,setelah dibersihkan langsung normal kembali windowsnya , thank you

Leave a comment